Suzuki Vitara Brezza Berpeluang Gunakan Mesin Milik Ertiga!

Suzuki Vitara Brezza Berpeluang Gunakan Mesin Milik Ertiga!
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian masih ingat dengan sosok Suzuki Vitara Brezza? Yap, CUV milik Maruti Suzuki India ini memang menjadi salah satu ‘jagoan utama’ dari Suzuki untuk pasar India. Nah, mobil yang hanya dijual dalam 1 opsi mesin yaitu mesin 1.300cc Diesel ini bakal mendapatkan varian mesin baru dalam waktu dekat. Dan varian mesin ini adalah varian mesin bensin 1.500cc berkode K15B yang juga digunakan oleh LMPV Suzuki, All New Suzuki Ertiga.

Mengutip via Zigwheels sejatinya kabar ini masih sebuah rumor yang terus berkembang. Selain mesin 1.500cc K15B, Suzuki Vitara Brezza juga berpotensi untuk menggunakan mesin bensin lain dari Suzuki, yaitu 1.200cc Dual Jet ataupun mesin 1.000cc BoosterJet Turbo. Nah, untuk mesin 1.200cc Dual Jet sendiri memiliki tenaga maksimal 90 PS dan torsi 113 Nm. Nah, nampaknya peluang penggunaan mesin ini di Suzuki Vitara Brezza agak kecil, karena mesin yang sama digunakan di Suzuki Wagon R dan Suzuki Ignis yang kelasnya jelas di bawah Suzuki Vitara Brezza.

Sedangkan mesin 1.000cc BoosterJet Turbo sendiri adalah mesin milik Suzuki Baleno RS yang bertenaga 102 PS dan bertorsi 150 Nm. Nah, penggunaan mesin ini masih cukup masuk akal karena memiliki peforma yang lebih mumpuni dari varian 1.2 Dual Jet. Jadi, ada 2 kemungkinan yang bisa diambil oleh Maruti Suzuki, yaitu penggunaan mesin 1.500cc K15B ataupun 1.000cc BoosterJet Turbo. Hanya saja, jelas penggunaan mesin turbo bakal mengatrol harga dari Suzuki Vitara Brezza ini nantinya. Sehingga, mesin milik Suzuki Ertiga adalah yang paling ‘menarik’ untuk mobil ini.

Faktor lainnya, Suzuki Vitara Brezza berada di segmen dimana penggunaan mesin 1.500cc naturally aspirated menjadi sebuah hal yang lumrah. Keputusan menghadirkan Suzuki Vitara Brezza bermesin bensin sendiri diambil oleh pihak Maruti Suzuki untuk mewujudkan planning mereka menghapuskan mesin diesel per bulan Maret 2020. Nah, Suzuki Vitara Brezza sendiri menjadi penyumbang terbesar penjualan mesin diesel Suzuki di India. Nah, saat mendengar kabar mengenai mesin bensin dari Suzuki Vitara Brezza, sebuah pertanyaan pun muncul di benak kami. Jikalau nantinya Suzuki Vitara Brezza menggunakan mesin milik Suzuki Ertiga, akankah mobil ini dijual SIS di Indonesia?

Masuk akal tentunya mempertanyakan hal ini, karena jika Suzuki Vitara Brezza menggunakan mesin milik Suzuki Ertiga, maka akan bakal common parts yang digunakan di mobil ini. Kondisi ini tentu membuka peluang bagi pihak SIS untuk menjual Suzuki Vitara Brezza. Namun, semua kebijakan tentu kembali ke peluang pasar dari model ini di tanah air. Kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: