Wow, Toyota Avanza Dapat VSC dan Traction Control di Afrika Selatan

by  in International&Toyota
Wow, Toyota Avanza Dapat VSC dan Traction Control di Afrika Selatan
0  komentar

AutonetMagz.com – Di kelas mobil keluarga murah macam Toyota Avanza, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan lain-lain, kadang konsumennya suka menyepelekan aspek keselamatan. Makanya saat Grand New Avanza dan Veloz sudah pasang ABS kami acungkan jempol dan saat Ertiga facelift menghilangkan ABS kami kecewa, tapi sekarang sudah ada lagi. Kami pun menanti-nanti hasil tes tabrak mobil sejenis ini dari lembaga yang berwenang.

toyota-avanza-afrika-selatan-panel-instrumen

Misalnya Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza/ Daihatsu Xenia yang dapat 4 bintang di Asean NCAP atau Honda Mobilio yang dapat 3 bintang di Global NCAP, kami langsung bisa tahu seaman apa tingkat proteksi masing-masing mobil. Di Indonesia, masih banyak yang tidak memasukkan rating keselamatan saat memilih mobil-mobil itu, namun sepertinya konsumen di Afrika Selatan sudah “level up” duluan daripada Indonesia.

stability-control-button

Terbukti, Toyota Avanza versi Afrika Selatan telah mengumumkan pembaruan terakhirnya dengan fokus utama di fitur keselamatan. Dual airbags, ABS, jok ISOFIX dan lain-lain mungkin sama dengan Toyota Avanza versi lokal, namun Toyota Afrika Selatan sudah menambahkan Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control dan Brake Assist sebagai standar. Enaknya, varian termurah pun juga dapat tambahan 3 fitur keselamatan baru tadi. Wah, ini baru mantap. Tapi kami heran, kok indikator VSC-nya tidak ada di foto panel instrumen yang ditampilkan Toyota Afrika Selatan ya? Tapi di penjelasan spesifikasi sih ada.

toyota-avanza-afrika-selatan-interior

Di samping penambahan fitur keselamatan tadi, tidak ada yang berubah dibandingkan dengan Toyota Avanza versi sebelumnya. Head unit masih standar ala kadarnya, setir juga hanya tilt tanpa telescopic, opsi mesin masih 1.300 cc atau 1.500 cc, transmisi juga antara manual 5 percepatan atau matik 4 percepatan, jok baris ketiga bisa dilipat terpisah dan sabuk pengaman hadir untuk semua baris.

toyota-avanza-afrika-selatan-rear

Bedanya Toyota Avanza Afrika Selatan dan Indonesia adalah, versi Afrika Selatan rupanya masa bodoh soal penampilan. Tidak ada lampu belakang tempelan di pintu bagasi, tidak ada tipe Veloz yang punya lampu projector, bahkan chrome saja tidak sebanyak versi Indonesia. Kapan kira-kira Toyota Indonesia menaikkan spek Avanza sini biar setara – kalau bisa lebih bagus – dari spek Afrika Selatan? Berharap saja, namun untuk sekarang biarkan mereka mengurus soal transmisi dan turbo Fortuner dan Innova yang banyak dikeluhkan konsumen.

Apa opinimu mengenai penambahan fitur Toyota Avanza Afrika Selatan ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: