Skandal Kobe Steel : Masalah Baru Untuk Pabrikan Jepang

by  in Berita&Honda&Hot Stuff
Skandal Kobe Steel : Masalah Baru Untuk Pabrikan Jepang
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah masalah kembali muncul untuk dunia Otomotif, khususnya untuk merk – merk asal Jepang. Setelah dahulu kita dipusingkan dengan perkara airbag inflator produkti Takata yang berdampak pada cukup banyak mobil, kali ini pabrikan otomotif Jepang harus bermasalah dengan salah satu perusahaan baja terbesar di Jepang, Kobe Steel.

Beberapa pabrikan yang menggunakan produk dari Kobe Steel adalah Nissan, Toyota, Honda, Mazda, Mitsubishi, dan juga Subaru. Lalu apa masalahnya? Dalam seminggu terakhir ini Kobe Steel sedang menjadi sorotan, sebuah skandal diungkap ke publik bahwa perusahaan ini menerbitkan sertifikat inspeksi dari produk – produknya yang meliputi aluminium dan tembaga yang ternyata tak sesuai dengan kenyataan. Produk – produk tersebut memiliki kualitas yang berbeda dibandingkan dengan yang diminta oleh konsumen, atau secara kasar, mereka menipu para konsumennya dengan produk yang kualitasnya lebih rendah tentunya.

Dan masalahnya, praktek ilegal ini diprediksi telah terjadi selama satu dekade terakhir ini, dan melihat konsumennya yang kebanyakan dari industri otomotif, penerbangan, dan kereta api, maka masalah material ini bisa menjadi hal yang fatal dan membahayakan. Walaupun begitu, Kobe Steel tak bisa mengklarifikasi kepada siapa saja kecurangan tersebut dilakukannya, karena dalam kurun waktu yang cukup lama tersebut, sudah ada 200 konsumen yang membeli produk – produk mereka. Dan untuk menghindari masalah yang lebih fatal, Kementerian Transportasi Jepang menghimbau setiap pabrikan untuk mengecek produk mereka, termasuk keenam pabrikan roda empat yang kami sebutkan sebelumnya.

Jika dari investigasi memerlukan adanya recall, tentunya masalah ini akan menjadi gelombang recall yang tak kecil. Selain melibatkan banyak pabrikan, rentang waktu satu dekade bukanlah waktu yang singkat, dan selama itu pasti sudah ada jutaan mobil yang dilemparke konsumen, walaupun tak semua terdampak. Bagaimana menurut kalian? Ada – ada saja ya masalah seperti ini. Yuk sampaikan pendapatmu kawan.

Sumber Gambar : Oann.com

Read Prev:
Read Next: