Toyota-Denso Tanam $88 Juta Untuk Pabrik Cikarang

by  in Nasional&Toyota
Toyota-Denso Tanam $88 Juta Untuk Pabrik Cikarang
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota-Denso Automotive Compressor Indonesia (TDACI) adalah perusahaan hasil Joint Venture antara perusahaan Jepang dan perusahaan lokal pembuat suku cadang, Astra Otoparts. Mereka belum lama ini mengeluarkan sebanyak $88 Juta untuk membuat pabrik komponen mobil terbaru mereka di Cikarang, Jawa Barat. Mereka hendak menyiasati pasar mobil yang sedang hangat belakangan ini.

Menurut The Jakarta Globe, pabrik yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini akan memproduksi kompresor AC mobil dan kopling. Ryuya Ogiso selaku Presiden Direktur dari TDACI mengatakan pabrik ini akan beroperasi dengan jumlah karyawan diperkirakan mencapai 1.928 pekerja. “Kami menggunakan momentum ini untuk berinvestasi di Indonesia, karena iklim usaha yang kondusif dan persaingan di industri mobil dalam negeri meningkat,” kata Ogiso.

toyota-all-new-kijang-innova-varian-tipe-g-mesin-diesel

Pemerintah telah memotong pita merah selama beberapa bulan terakhir untuk memperbaiki iklim investasi. Sementara itu, penjualan mobil di Indonesia telah berkembang dalam enam bulan terakhir, memperkuat keyakinan bahwa penjualan akan mencapai 1,05 juta mobil tahun ini. Oh ya, pembagian saham di TDACI adalah : Toyota Industries dengan saham 50,1 persen, Astra Otoparts (25,7 persen), Denso International Asia (20 persen), dan Toyota Tsusho Indonesia (4,2 persen).

Pabrik baru ini mampu memproduksi antara 3 juta dan 4 juta unit komponen per tahun, memasok beberapa produsen otomotif domestik dan luar negeri, termasuk Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Perodua, Ford dan General Motors. Pabrik juga akan berfungsi sebagai platform untuk transfer teknologi dan pengembangan sumber daya manusia bagi pekerja lokal.

piston-mesin-diesel-GD-Toyota

Syarif Hidayat, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, mengatakan industri suku cadang mobil terus tumbuh secara proporsional dengan peningkatan produksi dan penjualan kendaraan di Indonesia. Toyota-Denso akan menjadi yang terbaur di antara 1.500 pembuat suku cadang mobil lain yang memasok produsen mobil di Indonesia.

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio