WEY Tank 100 : Ini Dia Suzuki Jimny KW Super Rakitan China?

WEY Tank 100 : Ini Dia Suzuki Jimny KW Super Rakitan China?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah jadi rahasia umum kalau pabrikan otomotif di China memang kerap kali melakukan aksi plagiat pada sejumlah model mobil yang famous di pasar internasional. Ada banyak model mobil lokal China yang kalau dilihat secara kasar saja merujuk pada model mobil lain. Nah, kali ini ada sebuah informasi menarik yang kami dapatkan, dimana sebuah pabrikan asal China yaitu WEY sedang mempersiapkan sebuah SUV baru berukuran kompak. Yang menarik perhatian kami, dari gambar yang beredar, terlihat SUV kompak ini memiliki bentuk samping dan depan yang identik dengan Suzuki Jimny. Hmmm, copycat lagi kah? Yuk kita bahas.

Foto asli? Anda Tertypu

Copycat Suzuki Jimny?

Seminggu terakhir, beredar 2 foto SUV berwarna biru dan hijau muda yang langsung menarik perhatian kami. Yap, perhatikan saja sosok SUV yang fotonya kami lampirkan ini, sangat identik dengan Suzuki Jimny. Hanya saja, lampu depan dan belakang, serta kaca belakangnya berbeda. Kalau diperhatikan, lampu depannya terlihat seperti WEY Tank 300 yang memiliki ukuran lebih besar. Lantas, apakah benar WEY yang berada di bawah naungan Greatwall Motor sengaja meniru Suzuki Jimny dengan cukup identik? Kami pun mencoba menelaah foto – foto ini, dimana ada sejumlah kejanggalan yang kami temukan. Pertama, velg yang digunakan oleh SUV di foto ini sangat identik dengan Suzuki Jimny. Dimana sangat jarang kami temui sebuah mobil rakita China melakukan copycat hingga ke velg. Kedua, area di sekitar lampu depan agak kurang match, dimana posisi lampu dan bentuk boxy di arean fascia depan agak dipaksakan. Dan ketiga, posisi tangki bensin persis dengan Suzuki Jimny, masa sih sampai semirip itu?

Dan keempat, serta paling krusial adalah adanya inkonsistensi bentuk handle pintu di kedua foto SUV ini. Dimana foto SUV berwarna biru menggunakan handle berbentuk flip sedangkan di unit berwarna hijau menggunakan model handle tarik. Dari sejumlah kejanggalan ini, kami pun menduga kuat foto ini hanya sekedar olah digital alias hasil sotosop. Namun, bukan berarti WEY Tank 100 tidak ada. Dari informasi yang kami kumpulkan, WEY memang sedang mengembangkan SUV kompak yang nantinya akan diberi nama Tank 100. Dan besar kemungkinan WEY Tank 100 akan memiliki body size yang mirip dengan Suzuki Jimny. Oleh karenanya, nampaknya kang sotosop ingin menebar hype dengan dua foto hasil olah digital ini. Yang jelas, Greatwall nampaknya melihat peluang yang ada, dan ingin menggasak pasar tersebut. Apalagi, Suzuki sendiri sudah berhenti memasarkan mobil mereka di China, dimana seluruh saham yang dimiliki pabrikan berlogo ‘S’ asal Jepang di JV-nya telah dibeli oleh mitra lokal mereka masing – masing. Bahkan, salah satu JV Suzuki yaitu Changan Suzuki telah berubah nama menjadi Lingyao Automobile.

Prediksi Spesifikasi WEY Tank 100

Mengutip informasi via Min News, nantinya WEY Tank 100 akan memiliki harga yang cukup terjangkau. FYI, harga Suzuki Jimny jikalau dikurskan ke Yuan mencapai 328 ribu Yuan, sedangkan WEY Tank 100 kabarnya hanya akan dibanderol 150 ribu Yuan (330 jutaan Rupiah). Untuk urusan mesin, WEY Tank 100 masih akan mewarisi mesin yang sama dari sang kakak, WEY Tank 300. Mesin yang dimaksud adalah mesin 2.000cc Turbo dengan tenaga 227 hp. Yap, terlalu overkill untuk sebuah SUV kompak. Namun, beredar rumor juga bahwa mesin yang digunakan adalah 1.500cc Turbo. Untuk transmisi, WEY Tank 100 kabarnya akan dipasarkan dengan 2 opsi transmisi yaitu 7 percepatan DCT dan manual. Sistem geraknya tentun 4WD dengan differential lock. Lantas, kalau kedua foto tersebut hanya photoshop, bagaimana bentuk dari WEY Tank 100 nantinya? Mudah saja, sejumlah media di China menduga kuat WEY Tank 100 akan menggunakan wajah dari sang kakak, WEY Tank 300, namun dengan body yang lebih pendek. Kasarnya, WEY Tank 100 adalah versi SWB dari WEY Tank 300. Jadi, bayangkan sendiri ya.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: