Honda Raih 6 Titel Bergengsi di ASEAN NCAP 10th Anniversary, Apa Saja?

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Honda Raih 6 Titel Bergengsi di ASEAN NCAP 10th Anniversary, Apa Saja?
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang sering kami bahas, urusan keamanan dan keselamatan dalam berkendara adalah hal utama dan terutama yang harus dipikirkan oleh seluruh stakeholder di dunia otomotif. Mulai dari produsen, pemegang kebijakan alias Pemerintah, hingga konsumen. Oleh karenanya, berkembanglah fasilitas – fasilitas uji tabrak atau NCAP (The New Car Assessment Program), termasuk di Asia Tenggara. Dan di ASEAN, kita telah mengenal ASEAN NCAP yang berlokasi di Malaysia. Dan baru – baru ini, ASEAN NCAP menggelar perayaan HUT ke 10 mereka, dimana pada kesempatan itu Honda berhasil meraih 6 titel spesial. Titel apa saja yang berhasil diraih Honda? Mari kita kupas lebih dalam.

Raih 6 Titel Bergengsi di ASEAN NCAP

Seperti yang kami singgung di atas, Honda berhasil meraih enam penghargaan pada perayaan ke-10 tahun The New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP). Fun fact-nya, Honda menjadi pabrikan otomotif yang paling banyak mendapatkan penghargaan pada acara tersebut. Tentunya ini menjadi modal berharga bagi Honda untuk makin meyakinkan konsumen mereka terhadap tingkat keamanan dan keselamatan produk mereka. Selama 10 tahun terakhir, sudah ada delapan model mobil Honda yang diuji tabrak di ASEAN NCAP. Dan dari sejumlah model tersebut, beberapa model berhasil mencapai hasil dan peringkat yang sangat baik. Sedikit flashback, selama periode ini, ASEAN NCAP telah mengembangkan tiga roadmap yaitu untuk tahun 2012-2016, 2017-2020 dan 2021-2025. Di roadmap terbaru yaitu untuk tahun 2021-2025, ASEAN NCAP menekankan empat domain penilaian yang terdiri dari Perlindungan Penumpang Dewasa, Perlindungan Penumpang Anak, Bantuan Keselamatan dan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor.

Nah, dalam penghargaan Decade of Vehicle Awards, Honda menjadi pabrikan dengan jumlah titel terbanyak. Pertama, Honda meraih titel Best Forward Facing Child Occupant Protection 2017-2020 untuk Honda Accord mereka. Selain itu, Honda Civic terbaru juga mendapatkan titel Safety Technology Award berkat penggunaan fitur Autononous Emergency Braking (AEB) yang bisa mendeteksi pengendara motor. Belum selesai sampai di sana, Honda juga mendapatkan Excellent Award berkat konsistensi mereka meraih bintang 5 di ASEAN NCAP. Dan titel tersebut berhasil diraih berkat Honda City generasi ke 3 hingga ke 5, dan juga Honda Civic Generasi ke 9 hingga ke 11. Dua mobil tersebut terus menerus mendapatkan bintang 5 dari generasi ke generasi di ASEAN NCAP. Sudah selesai? Tentu belum, karena Honda juga berhasil meraih titel The Most 5-Star Car 2012-2016 untuk kategori Adult Occupant Protection serta Best Road Safety Partner. Yap, itulah 6 titel yang berhasil diraih oleh Honda di acara ini, dan tentunya titel ini bisa membuat para petinggi Honda tersenyum bahagia.

Target 0 Kematian di 2050

Dalam rilis resmi yang kami terima, Honda menyatakan akan terus menyediakan kendaraan yang aman dan dapat diandalkan, serta memimpin upaya untuk mewujudkan nol kematian akibat tabrakan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global pada tahun 2050. Yap, tentunya ini adalah target yang tidak main – main, namun memang hal itulah yang menjadi impian setiap pabrikan mobil, termasuk Honda. Sejauh ini, sudah ada beberapa mobil Honda yang diuji tabrak di ASEAN NCAP. Seperti yang kami singgung di atas, Honda City dan Honda Civic menjadi langganan bintang 5 sejak generasi – generasi sebelumnya. Sedangkan Honda Accord dan Honda CR-V pun mendapatkan titel serupa untuk model terbaru. Adapun model lain yang diuji tabrak di ASEAN NCAP dan dijual di Indonesia adalah Honda HR-V, dimana ada 2 hasil yang diberikan ASEAN NCAP yaitu bintang 4 dan bintang 5. Dengan sejumlah capaian ini, nampaknya kita bisa optimis Honda mampu mengembangkan teknologi keselamatan yang lebih baik ke depannya.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: