Wapres RI : Wuling Bakal Tambah Investasi di Indonesia

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Wapres RI : Wuling Bakal Tambah Investasi di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun ini memang benar-benar menjadi tahun emas bagi industri otomotif di Indonesia. Pasca pandemi COVID-19 berakhir, gelombang investasi otomotif pun membanjiri Republik tercinta. Kita tahu bahwa sudah ada sejumlah brand baru yang berkomitmen untuk investasi seperti Chery, Neta, dan sejumlah merk lainnya. Dan kini, muncul kabar bahwa pemain lama seperti Wuling Motors juga berniat menambah investasi mereka di Indonesia. Cekidot.

Wuling Bakal Tambah Investasi

Informasi ini didapat dari pernyataan Wakil Presiden RI, Bapak Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dalam lawatannya ke China baru-baru ini. Beliau hadir dalam China-ASEAN Expo dan bertemu dengan sejumlah perwakilan Provinsi Guangxi termasuk Gubernur Guangxi. FYI, Wuling sendiri adalah brand yang berasal dari Liuzhou, Guangxi. Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga menyatakan bahwa pihak Wuling bakal memperluas investasi mereka di Indonesia. “Kemudian, juga ada (pembicaraan) mengembangkan Wuling karena selain sudah ada di Jawa Barat juga akan di tempat lain,” ujar beliau. Pernyataan ini tentunya membuka peluang perluasan investasi Wuling di Indonesia.

Sudah jadi rahasia umum jikalau Wuling adalah brand asal China yang menggelontorkan investasi terbesar di Indonesia saat ini. Mereka memiliki fasilitas di Cikarang, Bekasi dengan luas mencapai 60 hektar. Dimana 30 hektar diantaranya digunakan sebagai fasilitas produksi mobil, serta sisanya menjadi pusat produksi komponen untuk mobil mereka. Dengan menambah investasi, dan dalam pernyataan Wapres dikatakan di luar Jawa Barat, maka kami menduga fasilitas yang dimaksud adalah pabrik baterai untuk EV. Bisa saja, investasi yang dimaksud berkaitan juga dengan kerjasama mereka dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion Hi-Tech) untuk memproduksi baterai.

Wuling Seriusi Segmen EV

Hanya saja, itu baru sekedar dugaan kami. Wuling sendiri memang kini nampak cukup serius menggarap pasar EV di Indonesia. Setelah memperkenalkan Wuling Air EV dan Wuling Almaz Hybrid, mereka juga terus memamerkan jajaran mobil listrik mereka yang lain. Salah satu opsi yang pernah dibawa adalah Wuling Binggo a.k.a Wuling Bingo. Mobil ini dirasa cukup pas untuk pasar Indonesia karena memiliki bentuk dan ukuran yang selayaknya mobil pada umumnya. Bukan sebuah micro car seperti Wuling Air EV. Hanya saja, belum jelas kapan mobil ini akan diproduksi atau diboyong ke Indonesia. Namun, melihat mulai banyaknya rival di segmen EV murah, maka Wuling tentu harus segera beradaptasi.

Bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: