Baojun Berganti Logo, Lambang Kudanya Jadi Tersirat

Baojun Berganti Logo, Lambang Kudanya Jadi Tersirat
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama merk Baojun memang tidaklah beken di Indonesia, namun produk dari pabrikan ini sejatinya sudah sangat tenar di tanah air. Hanya saja, produk – produk tersebut tak dipasarkan dengan merk Baojun, melainkan menggunakan merk Wuling. Wuling Cortez dan Wuling Almaz sejatinya adalah Baojun 730 dan Baojun 530. Nah, sebuah kabar muncul dari pabrikan berlogo kepala kuda ini, kabar ini terkait perubahan dari identitas pabrikan asal China ini.

Baojun RS-5

Yap, logo dari Baojun dikabarkan telah berganti, dan sudah menanggalkan gambar kepala kuda yang cukup ikonik tersebut. Kabar ini sendiri kami dapatkan dari forum otomotif asal Negeri tirai bambu yaitu China Car Forums. Di logo terbarunya, hanya ada dua bentuk tiga dimensi bevel yang nampak seolah tak memiliki bentuk, alias random. Namun jika diamat – amati, sejatinya kedua bentuk berwarna silver di logo baru Baojun ini menggambarkan siluet dari kepala kuda yang ada di logo lawasnya. Hanya saja, pihak Baojun nampaknya sengaja membuat arti logo ini tersirat.

Jika dilihat dari jauh, logo baru Baojun ini bak sebuah permata berwarna silver, yang entah apakah ada hubungannya dengan Wuling yang juga memiliki logo dari susunan permata. Selain itu, tulisan Baojun pun di letakkan di bawah dari logo dengan font yang cukup tegas. Hal ini berbeda dengan logo lawas yang masih menggunakan tulisan Mandarin di sisi bawah dari logo lawasnya. Dengan penegasan merk Baojun dengan alfabet, kami pun curiga apakah ini adalah salah satu langkah Baojun untuk go international. Namun sekali lagi, itu hanyalah kecurigaan sotoy kami saja. Oiya, kalian tahu nggak sih arti nama dari Baojun?

Jadi, Baojun sendiri dapat diartikan sebagai Treasured Horse alias Kuda yang Berharga. Nah, Baojun sendiri didirikan oleh SGMW Motor pada tahun 2010 silam dengan tujuan menjangkau pasar otomotif China dengan produk yang terjangkau. GM dan SAIC menjadi salah dua dari backup Baojun dalam hal pengembangan teknologi mobil mereka. Nah, Baojun sendiri sudah memiliki beberapa produk unggulan, antara lain Baojun 530, Baojun RS-5, dan Baojun 510 serta Baojun 560 di segmen SUV, lalu Baojun 730 dan Baojun 360 di segmen MPV, berikutnya Baojun 630 dan Baojun 310 di segmen Sedan, dan terakhir adalah Baojun 610 dan Baojun 310 si segmen hatcback.

Oiya, ada juga Baojun 310W yang masuk di segmen station wagon, dan juga Baojun e100 dan e200 di segmen mobil listrik. Nah, kita lihat saja ke depannya, apakah perubahan logo dari Baojun ini akan diberlakukan global, atau untuk pasar Internasional. Namun kami berharap, perubahan logo ini akan makin melecut Wuling dan Baojun untuk berinovasi lebih lagi di segmen otomotif. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: