Wah Nissan Note Akan Masuk ke Indonesia? Spesifikasinya Lumayan!

by  in Nissan
Wah Nissan Note Akan Masuk ke Indonesia? Spesifikasinya Lumayan!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Honda Jazz dan Toyota Yaris yang pamornya mulai turun karena tumbuhnya segmen crossover, rupanya masih dilirik oleh Nissan yang belakangan ini melakukan studi terhadap market tersebut. Pada acara press launch Nissan GT Academy TV program, Antonio Zara, membenarkan hal tersebut.

Di acara tersebut, Antonio Zara mengatakan kepada rekan-rekan wartawan bahwa ia Nissan Note memiliki kemungkinan untuk di-impor ke Indonesia dengan skema ASEAN Free Trade Area (AFTA). Saat ini Nissan sedang mempelajarinya terlebih dahulu produk yang akan dipasarkan di dalam negeri ini.

Di Thailand, Nissan Note baru saja mendapatkan facelift dengan wajah baru yang lebih segar. Di Thailand mobil ini sama seperti Yaris yang memiliki mesin 1.200 cc untuk memenuhi peraturan LCGC versi Thailand yang bisa mendapatkan keringanan pajak.

Nissan Note sendiri meskipun kurang sporty untuk sebuah hatchback, mobil ini bukanlah mobil yang bisa dipandang sebelah mata, karena di Jepang mobil ini sempat menduduki penjualan mobil tertinggi di Jepang pada quarter 4 2016 silam disusul oleh Honda N-Box, Daihatsu Move, Toyota Aqua dan Toyota Sienta.

Di Thailand, mobil ini tergolong mobil yang cabe rawit, dia dibekali dengan sistem keamanan aktif paling canggih di kelasnya, untuk sebuah mobil kecil, dia punya around view monitor seperti Nissan X-Trail, meskipun kecil sekali layarnya karena diproyeksikan pada kaca spion belakang. Dia juga punya lane departure warning, intelligent emergency braking dan forward collision warning. Kelengkapan seperti Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist dan ABS, EBD + BA tentu saja sudah disematkan di mobil ini.

Keunggulan dari Nissan Note sendiri memang bukan pada eksteriornya, begitupula dengan bentuk interiornya. Masuk ke dalam Nissan Note rasanya tidak jauh berbeda seperti sebuah Nissan March yang dibuat lebih besar, beberapa komponen seperti panel AC elektrik, head unit dan desain ventilasi ACnya seperti common parts dengan Nissan March facelift.

Tetapi kalau kita bicara kelegaan interior, Nissan Note ini salah satu yang bisa diandalkan. dia punya bagasi lega, wheelbase 2.600 mm yang sangat panjang untuk dikelasnya, ruang belakang dengan lebar 643 milimeter dan atap yang tinggi. Pintu Nissan Note ini juga bisa dibuka hingga 85 derajat agar memudahkan anda masuk ke dalam atau membawa barang bawaan ke dalam mobil ini. Jadi bisa disimpulkan bahwa mobil ini ditujukan untuk mereka yang ingin mobil lega, nyaman, aman dan tidak begitu peduli dengan tampang, apalagi performanya.

Ngomong-ngomong soal performa, jika memang mobil ini studinya berhasil membuat Nissan PeDe untuk memasukan ke Indonesia, kemungkinan besar menurut penerawangan kami Nissan akan memberikan mesin 1.500 cc HR15DE yang legendaris itu, tidak lupa lengkap dengan transmisi CVT X-Tronic CVT. Jangan protes kalau mobil ini pasti underpowered, toh rivalnya juga 1.500 cc CVT semua kan, bukan begitu bapak?

Memang pasar hatchback bukanlah pasar yang besar, tapi setidaknya Nissan sudah berusaha untuk mengisi segmen-segmen mobil yang memiliki celah untuk dimasuki daripada tidak ada sama sekali. Kami berharap semoga studinya sukses dan line-up Nissan di Indonesia bertambah. Ya nggak?

Read Prev:
Read Next: