Wah, Mazda CX-5 Baru Pakai Mesin 6 Silinder!

Wah, Mazda CX-5 Baru Pakai Mesin 6 Silinder!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak beberapa tahun belakangan, Mazda termasuk satu dari sekian mobil yang cukup vokal untuk mempertahankan mesin pembakaran dalam. Meski era elektrifikasi sedang merangsek, Mazda yakin mesin bensin dan diesel buatannya masih punya potensi yang bisa digali. Mereka tidak hanya bicara, tapi membuktikan melalui mesin baru SkyActiv-X di Mazda 3, mesin rotary untuk range extender dan mesin 6 silinder baru.

Mesin 6 silinder yang disebut terakhir patut mendapatkan perhatian lebih. Kala banyak merek mobil memperkecil kapasitas mesin dan mengurangi jumlah silinder, Mazda malah berani bikin mesin besar bersilinder banyak. Begitu mesin ini selesai dibuat, apa mobil baru Mazda yang akan memakainya pertama kali? Ternyata Mazda CX-5 adalah Mazda populer yang berpotensi besar akan memakai mesin baru itu lebih dulu.

Mazda CX-5 Paling Laku

Warta ini datang dari CarSales Australia saat berbincang kepada Vinesh Bhindi, Managing Director Mazda Australia.”Mazda terus berinvestasi di mesin pembakaran dalam dengan efisiensi tinggi, dengan SkyActiv-X, dan keluarga mesin 6 silinder generasi baru yang akan menjadi jantung produk generasi baru kami yang berdimensi besar, mulai dari Mazda CX-5 lalu ke atasnya lagi,” ungkapnya. Wah, mulai menyamai resep BMW nih.

Tidak mengherankan kalau Mazda CX-5 akan dapat mesin ini duluan. Selain sejalan dengan mematangkan citra premium Mazda, penjualan Mazda CX-5 adalah pondasi penopang Mazda di pasar mobil dunia. Pada tahun 2020 kemarin, Mazda bisa menjual 361.051 unit Mazda CX-5 meski mereka juga kena efek pandemi virus COVID-19 yang parah. Popularitas Mazda CX-5 membuatnya jadi modal penting kala generasi barunya keluar nanti dan sudah dilengkapi mesin baru.

Model Mazda Lain Menyusul

Setelah Mazda CX-5, mobil-mobil Mazda lainnya juga akan berubah total dan mendapatkan mesin 6 silinder tersebut. Salah satu model tersebut tentu saja Mazda 6, mengingat usianya sudah mirip-mirip dengan Mazda CX-5 dan sudah butuh penyegaran. Beberapa laporan lawas sempat menuturkan bahwa Mazda akan mulai membuat mobil dengan penggerak roda belakang (RWD) bermesin 6 silinder baru.

Selain Mazda CX-5 dan Mazda 6 baru, pengerjaan teknologi sasis baru juga sudah berlangsung. Mazda akan memperkenalkan beberapa mobil hybrid, mobil plug-in hybrid dana mobil listrik murni untuk mengejar ketertinggalannya dibandingkan merek lain seperti Toyota, Honda dan Hyundai. Wah, nampaknya Mazda benar-benar serius untuk menjadi BMW dari Jepang. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: