VW Polo Versi India Gunakan Platform Lokal?

by  in Berita&VW
VW Polo Versi India Gunakan Platform Lokal?
0  komentar

AutonetMagz.com – Diketahui si small-hatchback khas Volkswagen (VW) ini telah memasuki generasi ke-enam, atau bisa kita singkat sebagai Mk6. Namun di beberapa belahan dunia lain seperti Tanah Air dan juga India misalnya, Polo Mk5 masih dijual secara resmi dan belum ada kabar mengenai kedatangan generasi terbarunya. Sebelumnya, VW Polo Mk6 sudah resmi dirilis ke hadapan publik sejak 2017 lalu, itu artinya sudah empat tahun Polo generasi tersebut malang melintang di segmen small-hatchback global.

Sementara seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa negara seperti Indonesia salah satunya, Polo Mk5 masih dijual secara resmi padahal umurnya sudah mencapai 12 tahun. Well soal mesin 1.2 L TSI-nya sih masih relevan ya, tapi desainnya sudah mulai termakan zaman tuh. Namun tidak seperti Indonesia saat ini, VW Polo dirumorkan mendapat penyegaran di negeri asal inspektur Vijay tersebut. Lalu menurut kabar atau rumornya, platform yang dipakai VW untuk Polo versi India akan memakai platform lokal asli sana nih. Platform apakah itu? Mari kita bongkar kabar tersebut.

Sharing Platform Dengan Taigun

Saat ini secara global, Polo Mk6 menggunakan platform modular bernama Modularer Querbaukasten (MQB) yang memang menjadi platform untuk mobil VW dengan layout front-engine front/all wheel-drive sejak 2016 lalu. Tepatnya untuk sang city car ini, VW menggunakan MQB A0 secara global yang berarti mobil ini masih ‘salam satu platform’ dengan Audi A1 Mk2, SEAT Ibiza Mk5, dan VW T-Cross. Namun khusus untuk market India, VW sendiri telah menyiapkan platform MQB A0 dengan kearifan lokal tentunya guna menekan biaya produksi dan nilai jual, yaitu MQB A0 IN.

Platform tersebut adalah MQB khusus untuk mobil VW sub-4-meter dengan wheelbase 2.650 mm saat ini di India seperti Taigun dan juga Skoda Kushaq yang akan segera diluncurkan tahun ini di sana. Sekadar mengingatkan, dua model tersebut adalah senjata VW Group untuk bertarung melawan Nissan Magnite, Kia Sonet, Renault Kiger, dan Hyundai Creta yang berarti Kushaq dan Taigun adalah sub-compact SUV. Lalu jika rumor mengenai Polo generasi terbaru akan hadir di India benar adanya, kemungkinan besar akan menggunakan platform MQB A0 versi Bollywood ini dan bukan MQB A0 global.

Kemungkinan Yang Akan Terjadi

Melihat dimensi platform MQB A0 IN, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada Polo di India, pertama akan ada penyesuaian dimensi baik dari platform maupun modelnya sendiri, dan kedua adalah bukan Polo yang muncul melainkan Virtus, versi sedan dari Polo Mk6 yang telah dijual di daerah Amerika Latin. Soal layout drivetrain, tentunya karena ini MQB maka akan tetap mempertahankan layout front-engine dengan kemungkinan besar berpenggerak roda depan (FF), for the sake of production cost, of course.

Mengutip gaadiwaadi.com, saat ini Polo di negara Bollywood memakai varian mesin 1,0 L 3-silinder TSI yang dipasangkan transmisi manual 5/6-percepatan, dan otomatis 6-percepatan dengan menghasilkan output sebesar 108 hp dengan torsi 175 Nm. Belum ada kabar yang jelas mengenai mesin yang akan dipakai Polo versi India nantinya, namun untuk saat ini mesin CAYB (1,6 L I4 turbodiesel) yang dipakai pada versi global terlihat menarik untuk dipasarkan di India.

Dengan kemungkinan-kemungkinan tersebut, akankah Polo generasi terbaru versi Bollywood masih relevan untuk bertarung dalam segmen small-hatchback city car? Eh atau malah berubah jadi small-sedan ya? Lalu apakah VW Polo generasi terbaru akan menyambangi Indonesia nantinya? Selagi menunggu kabar terbaru soal Polo region India, berikan komentar terbaikmu pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: