VW Golf GTI Clubsport S Babat Habis Honda Civic Type R di Nurburgring!

VW Golf GTI Clubsport S Babat Habis Honda Civic Type R di Nurburgring!
0  komentar
vw golf gti clubsport s

AutonetMagz.com – Honda kini harus bertekuk lutut kepada Volkswagen dalam hal siapa yang bisa membuat mobil FWD tercepat di Nurburgring. Honda Civic Type R yang bangga dengan waktu 7 menit 50,63 detik di Green Hell kini ditendang dari tahtanya sebagai mobil FWD tercepat di sana, dan mahkota kepemimpinan kini pindah menjadi milik VW Golf GTI Clubsport S yang membukukan waktu 7 menit 49,21 detik. Wow, hanya selisih 1,42 detik. Ckckck…

vw golf gti clubsport s nurburgring lap time

Tidak hanya Civic Type R Turbo bertenaga 306 hp saja yang ditaklukkan oleh VW, melainkan mobil-mobil yang jauh lebih besar tenaganya semisal BMW M4 dan Dodge Challenger SRT Hellcat. Kedua mobil yang harga dan tenaganya tidak main-main ini kalah oleh Golf GTI Clubsport S. Apa VW ingin menebus dosa ya? Bukan, bukan soal dieselgate, namun soal dibatalkannya VW Golf R400 Concept dijual sebagai versi produksi.

vw golf gti clubsport s racer

Melalui Golf GTI Clubsport S, VW ingin memperlihatkan kalau tenaga bukanlah segalanya. Mesin 2.000 cc turbo milik mobil ini tenaga dan torsinya sepantaran dengan Civic Type R, yakni 306 hp dan 380 Nm. Apa yang membedakan Clubsport S dibanding GTI biasa adalah apa yang disebut dengan “Nurburgring Setting” pada Dynamic Chassis Controlnya, yang mempengaruhi karakter setir dan suspensi.

vw golf gti clubsport s nurburgring

Reduksi bobot? Pastinya. Versi spesial ini lebih ringan 30 kg dibanding GTI biasa, karena VW membuang bagian yang dianggap tidak perlu dan bikin berat saja. Misalnya, bangku belakang dibuang, material peredam suara dibuang, tray bagasi dan karpetnya dibuang dan beberapa benda lain yang menjadi lemak bagi mobil. Aki diganti dengan ukuran yang lebih kecil, berikut subframe dan cover rem dibuat dari bahan aluminium.

vw golf gti clubsport s red

VW sangat terobsesi dengan hal yang satu ini, bahkan mereka memakaikan transmisi manual 6 percepatan biasa dan bukan DSG untuk Clubsport S. Alasannya? Simpel, transmisi manual itu enteng, titik. Jika pakai DSG, berat GTI Clubsport S akan naik hingga 20 kg, dan itu tidak bagus. Sistem knalpot baru diklaim bisa melontarkan percikan api saat ia melaju, ditambah dengan differensial baru di mobil ini.

vw golf gti generation

Namun VW tidak serta merta mengizinkan semua orang untuk bisa memiliki edisi spesial ini. Pasalnya, hanya 400 unit Clubsport S yang dibuat, dan 100 unit sudah dialokasikan untuk Jerman sementara 150 lainnya sudah buat Inggris. Artinya, sekarang ada sisa 150 unit dan itu akan disebar ke berbagai negara di dunia. Indonesia termasuk tidak ya? Mengingat fanboy Golf GTI di sini termasuk patut diperhitungkan. Apa pendapatmu soal mobil ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: