Volkswagen Polo MkVI Resmikan Debut Global, Layak Ditunggu!

Volkswagen Polo MkVI Resmikan Debut Global, Layak Ditunggu!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah mobil yang menjadi tulang punggung Volkswagen Indonesia saat ini adalah sebuah small hatchback, yaitu VW Polo MkV. Tak salah mobil tersebut menjadi tulang punggung VW di sini, karena memang harga dari produk Jerman rakitan India ini cukup bersahabat dan tak jauh dari pesaingnya dari Jepang. Yap, dengan harga sekitar 200 jutaan (atau mungkin hampir 300 jutaan) sudah dapat subcompact hatchback bermerek Jerman lho. Saingan Polo yang cukup berat di sini adalah Ford Fiesta, yang notabene rancangan Ford UK.

Ketika para pesaing Polo dari negeri Matahari Terbit sudah memberikan model terbaru dari small hatchback mereka, maka pihak Volkswagen juga tak mau berdiam diri saja. Pada hari Jumat, 16 Juni 2017 ini Volkswagen sendiri resmi merilis Volkswagen Polo MkVI  secara global. Volkswagen Polo MkVI sendiri memiliki beberapa detail baru, dan raut wajahnya menyiratkan kesan sebuah Volkswagen Golf, kakak satu mereknya. Jadi bisa dikatakan bahwa Volkswagen Polo MkVI  semakin memenuhi jati dirinya sebagai baby golf.

Tidak percaya? Lihat dulu deh tampangnya. Sekilas, muka Volkswagen Polo MkVI jadi mirip dengan kakaknya itu, dan kami suka detail cantik berupa LED DRL yang menyambung dengan garis chrome di grilnya. Bumpernya juga jadi lebih tegas dan tidak berkesan norak sama sekali. Pilihan peleknya beragam, tergantung varian, mulai dari 14 inci hingga 18 inci, dan untuk beberapa tipe sudah dual tone. Variannya beragam, mulai dari Polo TSI termurah buat kaum proletar hingga Polo GTI termahal buat kaum raja minyak.

Urusan eksterior, kami yakin kebanyakan akan mengamini bahwa penampilan keseluruhan mobil ini memang membaik daripada Polo yang ada sekarang. Oke, tapi jujur deh, luarnya belum ada apa-apanya dibanding bagian dalamnya. Peminang VW Polo MkVI bakal lebih betah daripada di Polo lama, berkat desain baru interiornya yang lebih segar, manis dan disematkan berbagai macam detail yang memiliki kesan hi-tech.

Mainan yang paling awal akan dirasakan pengemudinya adalah panel instrumen full LCD, sudah mirip dengan Renault Koleos, BMW 740Li, Mercedes E-Class dan S-Class serta mobil-mobil Audi. Terintegrasi dengan berbagai info dari head unit macam navigasi dan segala macamnya. Kalau di Audi namanya Virtual Cockpit, di VW namanya Active Info Display. Duh, semoga yang satu ini lolos ke pasar Indonesia.

Selain layar instrumen tadi, VW fokus ke standarisasi fitur keselamatan yang mumpuni. Seperti mobil-mobil yang lebih besar – Ford Focus Ecoboost misalnya – VW Polo MkVI punya sistem pembatas kecepatan, pemantau tekanan ban, Front Assist yang sudah termasuk City Emergency Braking alias rem otomatis. Tak hanya mendeteksi mobil saja, sistem ini juga mendeteksi pejalan kaki.

Kalau ada kocek lebih, VW Polo MkVI ini bisa ditambahkan dengan Active Cruise Control, Blind Spot Detection dengan Rear Traffic Alert dan Park Assist. Khusus yang memakai girboks DSG, pemasangan Active Cruise Control sudah termasuk fungsi “Stop & Go” untuk memperhalus laju mobil ini di tengah kemacetan. Ini cukup menarik, sebab jika ada yang pernah merasakan girboks kopling ganda di Fiesta, Ecosport atau Golf MkVI, rasa ndut-ndutan saat macetnya itu bikin “kzl”.

Ngomong-ngomong girboks, ya, VW Polo MkVI dipasang dengan girboks kopling ganda DSG atau manual konvensional.  Urusan mesin, ada yang 1.000 cc 3 silinder turbo TSI dengan 2 pilihan tenaga, 65 PS atau 115 PS. Meninggi sedikit, ada opsi 1.500 cc 4 silinder turbo TSI Evo dengan sistem deaktivasi silinder, di mana beberapa pistonnya bisa mati dalam situasi tertentu untuk menghemat bensin. Oh ya, tenaganya 150 PS.

Kala semua mesin itu dirasa tak cukup, lihatlah VW Polo GTI. Hot hatchback kecil ini memakai mesin 2.000 cc 4 silinder turbo TSI dengan tenaga 200 hp, dan sanggup melaju dari 0-100 km/jam dalam 6,7 detik saja. Okelah, tapi bagaimana dengan para pecinta lingkungan? Bagi mereka, VW menciptakan mesin dengan bahan bakar gas alam dengan kapasitas 1.000 cc 3 silinder turbo, namanya TGI. Tenaganya hanya 90 PS, tapi toh intinya mesin ini ramah lingkungan. Untung bukan diesel ya.

Menurut agenda yang sudah disusun untuk benua asalnya, VW Polo MkVI akan melanglang buana ke beberapa pasar kunci di Eropa, lalu mampir ke Frankfurt Motor Show di bulan September. Harga di Jerman diklaim sekitar 13.000 Euro, alias sekitar 200 juta Rupiah kurang sedikit. Nah, sepertinya tinggal tunggu apakah si Polo yang makin dewasa ini siap untuk meramaikan kelas hatchback di sini. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: