Volkswagen Resmi Tinggalkan Motorsport Demi EV!

Volkswagen Resmi Tinggalkan Motorsport Demi EV!
0  komentar

AutonetMagz.com Selama lebih dari lima dekade, Volkswagen Motorsport telah berkompetisi dalam berbagai ajang balap, mulai dari Formula 3 dan touring cars, hingga rally dan rallycross. Pabrikan mobil Jerman ini memiliki rekam jejak balap yang mengesankan, dengan tiga kemenangan Rally Dakar dengan Touraeg, empat gelar World Rally Championship dengan Polo R, dua gelar TCR International dengan Golf GTI, dan tiga gelar Rallycross World Championship dengan Polo. Prototipe mobil balap listrik ID.R juga ikut mengumpulkan banyak rekor lap di Nurburgring, Pikes Peak, dan Goodwood. Namun itu semua cuma tinggal kenangan sekarang, karena Volkswagen kini resmi mengucapkan salam perpisahan dengan motorsport

Yap, ini adalah akhir dari sebuah era. Dimana Volkswagen telah mengumumkan akan menghentikan aktivitas balapannya dan mentransfer 169 staf dari divisi motorsport ke Volkswagen AG dalam beberapa bulan ke depan. Langkah berani ini akan memungkinkan VW untuk menggelontorkan lebih banyak investasi ke dalam pengembangan ID electric. Model yang dibuat untuk menyalip Tesla sebagai pemimpin pasar electric vehicle (EV).

Dr. Frank Welsch selaku Anggota Dewan Manajemen dengan tanggung jawab untuk Divisi Pengembangan mengatakan bahwa Merek Volkswagen sedang dalam perjalanan untuk menjadi penyedia terkemuka untuk e-mobility yang berkelanjutan. “Untuk tujuan ini, kami mengumpulkan kekuatan kami dan telah memutuskan untuk menghentikan aktivitas motorsport merek Volkswagen sendiri. Tenaga kerja motorsport akan diintegrasikan dalam Volkswagen AG. Keahlian teknis yang mendalam dari karyawan motorsport dan pengetahuan yang diperoleh dari proyek ID.R akan tetap menjadi milik perusahaan dan akan membantu kami menempatkan model yang lebih efisien dari ID. Family di jalan.” lanjutnya.

Sebenarnya produksi mobil rally Polo GTI R5 sport untuk konsumen akan habis pada akhir tahun 2020, tetapi suku cadang untuk Polo GTI R5 dan Golf GTI TCR akan tetap tersedia sehingga para pemiliknya dapat terus menggeber model tersebut. Namun sementara satu era telah berakhir, era menarik lainnya akan segera dimulai untuk VW. Yap karena Alexander Hitzinger yang merupakan salah satu insinyur balap utama yang bergabung dengan VW Group, diketahui sedang membantu mengembangkan si pemenang Le Mans yakni mobil balap Porsche 919 dan mengerjakan mobil otonom Apple. 

Alexander nantinya juga akan memimpin pengembangan Proyek Artemis rahasia Audi, sebuah mobil listrik baru dengan teknologi otonom canggih yang dirancang untuk melawan model Tesla generasi berikutnya. Tiga model direncanakan, dengan pembagian satu model untuk setiap merek VW Group termasuk Audi, Bentley, dan Porsche.

Untuk detailnya sendiri masih langka, tetapi paket baterainya dilaporkan akan memberikan jangkauan 404 mil (atau sekitar 650 km) dengan sekali pengisian daya. Proyek Artemis versi Audi tersebut nantinya diharapkan tiba pada 2024, sebelum bergabung dengan versi Porsche dan Bentley pada 2025 atau 2026.

Bagaimana pendapat kalian? Tulis di kolom komentar! 

Read Prev:
Read Next: