Volkswagen Perkenalkan Mesin 2.0 TDI Mild Hybrid Baru

Volkswagen Perkenalkan Mesin 2.0 TDI Mild Hybrid Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat mendengar kata ‘Diesel’ dan juga ‘Volkswagen’ bagi para penggemar otomotif pasti langsung akan merujuk ke sesuatu yang buruk. Yap, masa lalu kelam Volkswagen dengan mesin dieselnya yang dicurangi emisinya memang menjadi hukuman yang berat hingga saat ini. Namun kenyataanya, Volkswagen tak kapok dengan mesin diesel, dan mencoba untuk move on.

Gambar Hanya Ilustrasi

Yap, move on-nya Volkswagen dari masalah skandal dieselgate mereka memang sebelumnya hanya terlihat dengan gencarnya mereka memperkenalkan model mobil masa depan bertenaga listrik, namun belum ada improvement apapun dalam hal mesin diesel. Awalnya kami mengira Volkswagen sudah kapok, atau malah trauma dengan mesin diesel sehingga tak akan mengembangkan mesin jenis serupa. Namun kabar terbaru nampaknya langsung menangkal anggapan kami tersebut, karena pihak Volkswagen ternyata baru saja memperkenalkan mesin 2.000cc TDI Mild Hybrid terbaru mereka. Mesin ini sendiri dipresentasikan oleh pihak Volkswagen dalam acara Vienna Motor Symposium, dan segera akan diproduksi untuk model mobil mereka.

Gambar Hanya Ilustrasi

Mesin ini sendiri diberi nama EA288 Evo yang menggunakan 12V belt starter-generator dan juga baterai lithium ion. Yap, baterainya lithium ion karena ada teknologi mild hybrid di mesin ini. Volkswagen sendiri mengklaim penggabungan mesin mild hybrid dengan mesin diesel ini sendiri meningkatkan efisiensi bbm dan juga meningkatkan kenyamanan. Biasanya, pabrikan akan menurunkan tenaga dari mesin diesel mereka sehingga efisiensi semakin tinggi, namun aturan ini tak berlaku untuk Volkswagen. Volkswagen membiarkan tenaga mesinnya, bahkan meningkatkannya hingga 9%. Ada dua pilhan keluaran tenaga di mesin EA288 Evo ini sendiri.

Gambar Hanya Ilustrasi

Keluaran pertama adalah 136 PS dan yang kedua adalah 204 PS, sebuah tenaga yang menggiurkan untuk sebuah mesin diesel. Bukan hanya itu, para pengembang mesin baru Volkswagen ini juga masih berusaha untuk meningkatkan lagi mesin ini, khususnya dengan mengurangi bobot dari sang mesin. Nah, pihak Audi sendiri merupakan pihak yang beruntung untuk menggunakan mesin ini pertama kalinya. Mesin ini sendiri akan bekerja di untuk model – model lain di bawah Volkswagen AG yang menggunakan platform MQB. Bicara mengenai mesin mild hybrid, sebuah mesin 48V mild hybrid system juga akan dipasangkan di Volkswagen Golf MKVIII.

Baca Juga : Mesin Diesel Volkswagen Makin Bertenaga Setelah Direcall?

Nah, dengan kehadiran mesin ini sendiri maka menjadi langkah pertama dari Volkswagen untuk kembali berkecimpung di pasar mesin diesel, malahan kini lebih oke dengan mesin mild hybrid. Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: