Honda Civic Type R Turbo Akhirnya Mendarat di Indonesia, Harganya 1,5 M Rupiah!

Honda Civic Type R Turbo Akhirnya Mendarat di Indonesia, Harganya 1,5 M Rupiah!
0  komentar
spy-shot-honda-civic-type-r-indonesia

AutonetMagz.comSpeedfreak berkantung tebal di Indonesia sekarang punya mainan baru. Kali ini wujudnya adalah hot hatch dari Eropa, yakni Honda Civic Type R Turbo. Wait, kok Eropa? Bukannya Honda merek Jepang ya? Jadi begini, Honda Civic Type R Turbo baru sepenuhnya adalah buatan pabrik Honda di Swindon, Inggris. Pada Tokyo Motor Show nanti, mobil ini juga akan dipamerkan.

Tapi rupanya Indonesia lebih cepat dapat unitnya duluan daripada Jepang. Baru-baru ini, beredar foto bahwa salah satu importir umum di Jakarta sudah mendatangkannya. Lho, importir umum? Tidak lewat HPM? Ah, mana mau HPM jualan mobil seperti Civic Type R, S660, atau NSX? Bisa jualan CR-Z saja sudah sukur, coba kita lihat ke depannya berani tidak HPM jual NSX? Kemungkinan kecil mereka berani.

honda-civic-type-r-turbo-indonesia

Hanya tersedia dalam varian hatchback 5 pintu, era baru mesin VTEC Turbo yang ganas akhirnya menyapa kita di klan Honda Type R. mesin 2.000 cc 4 silinder turbonya punya tenaga hingga 306 hp dan torsi 400 Nm. Dengan transmisi manual 6 percepatan sebagai satu-satunya pilihan, akselerasi 0-100 km/jam cukup 5,7 detik dan top speed 270 km/jam, namun konsumsi BBM-nya bisa ditekan hingga 13,6 km/liter.

Terus, berapa harga yang harus kita tebus untuk mobil FWD terkencang di Nurburgring ini? Rupanya cukup dalam, yakni sekitar 1,5 M Rupiah! Agak mahal ya? Bisa dapat 2 Toyota 86 atau Mazda MX-5, Tapi seperti yang sering kami bilang dulu, “Honda Civic Euro dagangan IU yang bukan Type R saja harganya 800 jutaan, mau berapa harga Civic Type R kalau sudah masuk Indonesia?

honda-civic-type-r

Tapi kami tidak kaget sih, mengingat harga yang tidak masuk akal ini sudah sering kami dengar saat melihat mobil-mobil baru di IU. Ingat artikel Honda S660 kemarin? Kei car roadster 660 cc 3 silinder turbo pesaing Daihatsu Copen itu dijual 800 jutaan, padahal Copen yang dijual PT. Astra Daihatsu Motor hanya 400 jutaan. Selisih harga 2 kali lipat untuk 2 mobil yang sekelas di negara asalnya? Yassallaaam…

Akan tetapi ingat, mobil ini dimasukkan ke Indonesia karena ada yang mau beli. Jika bukan maniak Honda Type R atau orang yang punya harta berlimpah, sepertinya agak tak lazim mengeluarkan hingga 1,5 M untuk Civic Type R, mengingat harga Civic Type R FD2R dan FN2R yang diimpor IU tahun 2008-an dulu adalah sekitar 600-700 jutaan (kecuali Civic Mugen RR dan Type R Mugen UK-Version).

Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Foto : Terminal Motor

Read Prev:
Read Next: