Truk Hidrogen dari Toyota, Kentjang Juga Sob!

by  in Berita&Hi-Tech&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil hidrogen beberapa puluh tahun belakangan seperti teknologi alien yang diciptakan dan dijalankan dalam sebuah konspirasi untuk mengambil alih bumi, karena sangat asing dibanding mobil bensin atau diesel. Kini, mobil hidrogen sudah tidak lagi terasa asing berkat keunggulannya membuat mobil bergerak dengan hanya menghasilkan uap air sebagai emisi.

Mobil-mobil penumpang seperti Mazda RX-8 Hydrogen RE, BMW Hydrogen 7, Honda FCX Clarity dan Toyota Mirai adalah contoh yang bisa dilihat, tapi kalau truk bagaimana? Pada bulan April silam, Toyota mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan sebuah kendaraan tanpa emisi dan berwujud sebuah semi truck (Istilah untuk Tractor Head atau penarik Container). Truk ini nantinya akan bekerja dengan menggunakan tenaga hidrogen dan menghasilkan emisi air.

Dalam video berdurasi singkat yang ada di atas, truk hidrogen ini disandingkan dengan sebuah truk diesel. Apa yang terjadi dalam video tersebut menunjukkan bahwa sebuah truk ramah lingkungan ternyata tidak melulu harus lambat, rasanya sama seperti mobil listrik yang memiliki tenaga spontan seketika.

Video ini juga menunjukkan kekuatan torsi dari mesin fuel cell, nampak keterangan bahwa Gross Vehicle Weight yang di tes saat itu mencapai 35 ton! Luar biasa bukan? Bayangkan saja sekitar 14 Bentley Continental GT atau 17,5 Mitsu Pajero Sport Dakar, segitu kira-kira beratnya.

Namun, menurut kami pengetesan yang tertera dalam video ini masih imatur, alias belum matang.Video ini hanya memberikan ilustrasi kecepatan, tanpa data-data yang lebih lengkap seperti spesifikasi antar mobil dan bagaimana status kecepatannya. Terlebih hasil pengukuran diukur dengan mobil manakah yang keluar terlebih dahulu dari frame kamera.

Semoga kedepannya dapat memberikan detail yang lebih relevan sehingga orang tertarik akan teknologi fuel cell. Menariknya truk Toyota ini, jika truk biasa memiliki gigi hingga 18 buah, di Truk Toyota ini nantinya hanya perlu 1 saja karena basisnya fuel cell adalah menciptakan tenaga bagi mesin listrik seperti FCX dan Mirai. Bagaimana menurut kalian? Monggo berkomentar!

Read Prev:
Read Next: