Trik Memasang Amazon Alexa di Mobil Kita, Cukup Murah Lho

by  in Berita&Hi-Tech&International
Trik Memasang Amazon Alexa di Mobil Kita, Cukup Murah Lho
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam satu tahun kebelakang, kehadiran Amazon Alexa di dalam mobil – mobil baru menjadi sebuah tren yang dianggap cukup keren. Yap, masalah konektivitas di dalam mobil semakin canggih dengan kehadiran personal assistant seperti Amazon Alexa di dalam mobil kita. Kalian tertarik? Ya, kami pun juga, namun masalah utamanya adalah bahwa Amazon Alexa baru ditanamkan di mobil – mobil baru, bagaimana jika kita punya mobil lama dan ingin punya fitur Amazon Alexa?

Masalah seperti ini sebenarnya sudah menjadi isu yang lama, seperti saat bluetooth menjadi tren di masa lalu dan ada beberapa vendor yang lalu memberikan solusi dengan menyediakan perangkat pendukung yang memungkinkan sebuah headunit tanpa bluetooth bisa menggunakan fitur serupa. Pun begitu dengan kali ini saat Amazon Alexa menjadi booming karena menjadi standar di beberapa merk besar jaman now seperti Toyota, BMW, dan MINI. Ada dua vendor di bidang teknologi yang membuat terobosan untuk menghadirkan Amazon Alexa untuk mobil – mobil lawas. Dan kedua vendor tersebut adalah Anker dan juga Speak Music. Keduanya menawarkan fitur Amazon Alexa hanya dengan merogoh kocek sedalam 50 hingga 70 US Dollar alias 600 hingga 900 ribuan Rupiah.

Tentunya angka tersebut cukup menggiurkan untuk ditukar dengan fitur personal assistant berupa Amazon Alexa. Apalagi keduanya juga tak memerlukan perubahan dalam hal headunit, dan hanya membutuhkan sebuah smartphone saja. Anker yang dikenal sebagai produsen aksesoris yang punya kualitas mumpuni ini sendiri memperkenalkan Road Viva, sedangkan Speak Music memiliki produk bernama Muse yang keduanya punya fungsi yang mirip – mirip. Hanya saja, jika Muse menggunakan konektivitas berupa kabel ke smartphone, Road Viva menggunakan konektivitas berupa bluetooth. Keduanya punya bentuk ala car charger yang juga dilengkapi dengan slot USB sehingga selama menggunakan fitur ini, smartphone juga bisa sambil diisi dayanya.

Hanya saja, jika Road Viva memiliki dua slot yang keduanya bisa dimaksimalkan, Muse memiliki dua slot yang salah satunya harus digunakan untuk tombol eksternal yang juga berfungsi sebagai mikrofon. Road Viva sendiri punya peforma yang cukup oke, dimana menurut Forbes, perangkat lansiran Anker ini bisa mendeteksi suara bahkan dari bangku baris belakang. Kedua produk ini sendiri otomatis punya fungsi – fungsi yang bisa dilakukan oleh Amazon Alexa, hanya saja pusat operasi Alexa bukan pada head unit-nya, namun pada smartphone yang sudah di-pairing dengan salah satu dari kedua produk ini. Menggunakan kedua produk ini, maka kalian bisa mengakses beberapa fitur seperti Amazon Music, iHeart Radio, Pandora, dan TuneIn serta fitur navigasi.

Tentunya peangkat – perangkat macam ini bisa menjadi solusi ‘murah’ untuk kalian yang ingin memiliki fitur personal assistant di dalam mobil kalian. Murah? Ya, jelas lebih murah kan daripada membeli mobil baru, hahaha. Kami yakin bahwa beberapa tahun ke depan, fitur seperti Amazon Alexa akan lebih menjamur, dan beberapa headunit aftermarket bisa memiliki fitur ini. Namun kalau kalian tak mau bersabar sampai waktu itu, kedua perangkat ini bisa jadi solusi. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: