Toyota Yaris WRC Diungkap, Usung Teknologi Microsoft

Toyota Yaris WRC Diungkap, Usung Teknologi Microsoft
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika ada yang lupa, biar kami ingatkan lagi kalau Toyota berminat untuk kembali ke balapan reli dunia WRC setelah 17 tahun lamanya absen. Mengingat kompetisi WRC sekarang cukup berat dengan adanya VW Polo, Ford Fiesta, Peugeot 208 dan Hyundai i20 versi reli, Toyota akan memakai mobil yang sekelas dengan mobil-mobil tersebut, yakni Toyota Yaris. Toyota Yaris versi luar negeri ya, bukan versi Indonesia.

Baru-baru ini, Toyota yang ikut hadir di Paris Motor Show 2016 memamerkan sosok siap balap dari Toyota Yaris WRC, sekaligus mengumumkan kolaborasinya dengan Microsoft. Yap, Microsoft akan membantu Toyota dalam menyediakan sejumlah teknologi yang membantu kinerja Toyota di WRC, baik dari sisi teknis mobil ataupun sisi kemudahan analisis data dalam tim balap Toyota di WRC.

toyota-yaris-rally-wrc

Secara spesifik, Microsoft akan bertanggung jawab atas pengolahan data selama pengujian Toyota Yaris WRC, termasuk mempermudah aktivitas berbagi informasi dalam tim serta menjaga komunikasi dengan fans Toyota. Kalau di luar balapan, Microsoft akan membantu Toyota Research Institute untuk mengembangkan kecerdasan buatan serta robotik di dunia otomotif. Tujuannya adalah menyempurnakan “chauffeur mode’, mode full self driving di mana mobil bisa melaju tanpa input dari manusia.

Saya percaya bahwa, seperti Toyota, Microsoft bertujuan untuk memperkaya masyarakat dalam cara yang berarti. Berdasarkan kemitraan ini, kami bertujuan untuk lebih mengembangkan orang-orang kami dan meningkatkan mobil kami melalui penggunaan IT motorsport untuk mempromosikan mobil yang makin hari makin baik, “kata Presiden Toyota, Akio Toyoda.

toyota-yaris-wrc

Selain logo Microsoft, Toyota Yaris WRC juga mengusung logo DMG MORI dan Panasonic. Toyota belum merilis resmi detail Yaris WRC, tapi kalau mengacu pada regulasi FIA untuk WRC, harusnya Yaris WRC mengusung mesin 1.600 cc 4 silinder turbo dengan tenaga dibatasi di 300 hp, dengan penggerak 4 roda pastinya. Apa opinimu mengenai Toyota Yaris WRC ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: