Toyota Yaris GRMN, Yaris Supercharger Kentjang 209 Horsepower!

Toyota Yaris GRMN, Yaris Supercharger Kentjang 209 Horsepower!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelum mengumumkan Toyota Supra, Toyota punya sebuah hot hatchback baru sebagai menu pembuka bagi para penikmat mobil kencang. Sambutlah Toyota Yaris GRMN, hot hatchback gres dari Toyota hasil kerjasama dengan GRMN. Hanya tersedia dalam format 3 pintu dan penggerak roda depan, praktis Yaris ini langsung bertemu dengan Suzuki Swift Sport, Ford Fiesta ST, Renault Clio RS dan Volkswagen Polo GTI.

Seberapa serius Toyota Yaris GRMN ini dibuat? Yang jelas jauh lebih serius daripada Toyota Yaris TRD Sportivo dalam mendorong Yaris ke zona hot hatchback. Mesinnya bisa jadi contoh paling bagus, sebab Yaris GRMN berani beda dibanding hot hatchback lain yang pakai turbo, Yaris GRMN pakai mesin 1.800 cc 4 silinder plus supercharger. Keluaran tenaga dan torsinya tidak main-main, yakni 209 hp dan 249 Nm. Gokil!

Dengan berat hanya 1,251 ton saja, tenaga dan torsi segitu sudah amat sangat lebih dari cukup untuk melempar Yaris ini secepat mungkin. Seberapa cepat? Well, Toyota mengklaim akselerasi 0-100 Toyota Yaris GRMN bisa tuntas dalam 6,3 detik saja plus top speed di angka 228 km/jam. Tidak buruk sama sekali lho, malah itu mirip angka performa Toyota 86. Ini baru Toyota Yaris yang sporty betulan.

Biar makin sporty, Toyota Yaris GRMN dapat pelek BBS kelir hitam berukuran 17 inci yang dibungkus ban Bridgestone Potenza RE050, plus rem depan 275 mm. Mobil ini pakai penggerak roda depan, dan beda dengan Polo GTI atau Clio RS yang menawarkan girboks otomatis, Yaris GRMN hanya menawarkan opsi girboks manual. Alasannya? Supaya sensasi berkendaranya makin asyik. Lagipula ini kan bukan supercar yang girboks manualnya susah dan koplingnya keras, jadi masih okelah.

Demi menjamin handling, Toyota Yaris GRMN dilengkapi seperangkat anti roll bar, shockbreaker buatan Sachs, ground clearance lebih ceper 24 mm dan Limited Slip Differential di roda depan. Tepat sekali, ia FWD seperti kebanyakan hot hatch di kelas ini. Ada beberapa parts di sini yang merupakan donor dari Toyota lain, semisal setir dari Toyota 86 dan sistem pendinginan mesin dari sebuah model Toyota yang bermesin V6. Maklum, mesin supercharger pasti butuh pendinginan ekstra.

Aero kit Toyota Yaris GRMN sudah dihitung-hitung supaya bisa menghasilkan pendinginan, gaya tekan ke bawah dan aliran udara yang bagus. Ngomong-ngomong soal dihitung-hitung, banderol Yaris GRMN yang seharga 29.900 Euro (472 juta Rupiah) tergolong tinggi dibandingkan rival sejenis. Untungnya, Toyota hanya membuat 400 unit Yaris GRMN saja, jadi tidak ada target penjualan tertentu. Hm, bakal nyasar 1 unit ke sini tidak ya? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: