Honda Urban EV Concept : Kemasan Masa Lalu, Jeroan Masa Depan

Honda Urban EV Concept : Kemasan Masa Lalu, Jeroan Masa Depan
0  komentar

AutonetMagz.com – Spesial untuk Frankfurt Motor Show, Honda memamerkan sebuah mobil konsep yang konon sudah dibahas di meja rapat mereka untuk dibuatkan versi siap jualnya. Honda Urban EV Concept inilah yang sedang kita bicarakan, dan kami suka bagaimana Honda mendesain mobil konsep ini dengan bungkus ala mobil retro atau jadul, padahal di dalamnya sudah terpasang teknologi masa depan.

Sungguh, mobil konsep ini penampilannya retro klasik tapi jadinya cakep. Ada rasa-rasa seperti melihat Honda Life jadul atau Volkswagen Golf MkI. Lampu depan bulatnya mirip milik Mini Cooper atau Dodge Challenger, tapi di bagian yang biasanya jadi gril mobil kini diganti jadi sebuah layar, demikian halnya pula di belakang. Lihat saja, kedua lampu remnya dihubungkan oleh layar yang bisa menampilkan charging status atau menyapa driver lain via teks. Serius, bisa lho.

Seperti kebanyakan mobil konsep, spion konvensionalnya diganti oleh sepasang kamera kecil di kiri-kanan. Bukaan pintunya pun tak seperti mobil biasa, karena Honda Urban EV ini punya pintu suicide macam Rolls Royce Dawn. Sedari awal, Honda merancang mobil ini untuk 4 orang dewasa, namun urusan panjang bodi, ia 100 mm lebih pendek daripada Honda Jazz GK5 yang kita kenal.

Highlight utama di kabin Honda Urban EV ini adalah bentuk joknya yang seperti sofa rumah, terkesan cozy dan empuk. Bantalan pinggiran sofanya menyatu dengan pintu, jadi ia turut bergerak saat pintunya kita buka. Jika Mercedes Benz E-Class memisahkan 2 panel layarnya, Honda lebih suka membuat 1 layar panjang sekalian buat jadi panel instrumen dan infotainment system. Desain interiornya futurstik memang, tapi bahan kain abu-abu dan aksen kayu menguatkan nuansa klasik.

Sayang sekali, Honda masih malu-malu kucing saat ditanya spesifikasi mesin listrik bawaan Honda Urban EV. Baik itu kapasitas baterai, tenaga, torsi, jarak tempuh, metode pengisian daya dan segala macamnya, Honda lebih memilih diam. Namun, Takahiro Hachigo selaku CEO Honda berkata,”Ini bukan visi kami untuk masa depan yang masih jauh. Versi produksi mobil ini akan siap untuk pasar Eropa di tahun 2019.”

Nah, berarti memang mobil ini bukan dibuat hanya untuk pameran belaka. Tentu saja beberapa detail yang sulit dan ribet untuk dibuat secara massal akan disederhanakan, tapi kami harap penyederhanaan yang ada nantinya tidak membuat mobil cakep ini menjadi terlihat jelek saat dipasarkan. Apa opinimu mengenai mobil konsep ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: