New Toyota Hilux Box : Dua Pilihan Mesin & Dua Tipe Box!

by  in  Berita & Merek Mobil & Mobil Baru
New Toyota Hilux Box : Dua Pilihan Mesin & Dua Tipe Box!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seiring dengan makin pulihnya Indonesia dari dampak pandemi COVID-19, kini pertumbuhan di bidang usaha pun kian meningkat. Dan setiap bidang usaha tentunya membutuhkan kendaraan komersial untuk mengangkut komoditas mereka. Salah satu opsi yang paling digemari adalah mobil box, dan hal ini pun dipahami oleh Toyota Astra Motor (TAM). Oleh karenanya, TAM baru saja merilis New Toyota Hilux yang kini sudah dibekali dengan Box. Seperti apa wujudnya? Yuk kita bahas.

Ada Varian Dry & Refrigerated Box

Bagi kalian para pelaku usaha, ada baiknya kalian simak terlebih dahulu spesifikasi dari New Toyota Hilux Box. Mobil ini masuk di segmen medium commercial vehicle (MCV), sehingga kelasnya jelas lebih tinggi dari jajaran LCV seperti Daihatsu GranMax ataupun Suzuki Carry. Nah, TAM menjual New Toyota Hilux Box dengan 2 varian, yaitu dry box dan refrigerated box. Sesuai namanya, varian pertama tentunga memiliki box kering seperti mobil box pada umumnya, sedangkan varian kedua memiliki box dengan pendingin. Nanti kita akan bahas spesifikasi lengkapnya, yang jelas New Toyota Hilux Box punya 2 opsi mesin yaitu mesin bensin dan diesel Euro4.

Oke, kita bahas dimensinya terlebih dahulu. New Toyota Hilux Box versi dry box memiliki panjang 4.930mm, lebar 1.800mm, dan tinggi 2.166mm. Jadi, masih sedikit di bawah 5 meter. Namun, New Toyota Hilux Box versi refrigerated box memiliki panjang 5.060mm, lebar yang sama, dan tinggi 2.300mm. Sedikit lebih panjang dan tinggi ketimbang versi dry box. Untuk wheelbase dan bobot, keduanya sama di angka 2.750mm dan 2.750kg. Bagaimana kemampuan angkutnya? Untuk varian dry box bisa mengangkut hingga 665 kg, sedangkan versi refrigerated box bisa mengangkut 615 kg barang.

2 Opsi Mesin, Bensin & Diesel

Bagaimana dengan opsi mesinnya? Seperti yang kami singgung di atas, New Toyota Hilux Box punya opsi mesin bensin dan diesel. Mesin bensinnya menggunakan opsi 2.000cc 1TR-FE Dual VVT-i dengan tenaga 139 PS di 5.600 rpm dan torsi 18,7 kgm di 4.000 rpm. Hmmm, apakah masih cocok sebuah MCV bermesin bensin? Menurut kami cocok, khususnya untuk daerah yang suplai bahan bakar dieselnya tak terlalu banyak. Sedangkan opsi mesin dieselnya menggunakan mesin 2.400cc 2GD-FTV VNT bertenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 35 kgm di 1.400 hingga 2.800 rpm. Yap, mesin lawas Toyota Fortuner.

Kedua varian ini sudah berstandar Euro4, dan dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan. Nah, untuk masalah teknologi, New Toyota Hilux Box punya sejumlah adaptasi khusus di setiap varian. Contohnya, untuk varian refrigerated box tentunya menggunakan sistem pendingin tambahan untuk makanan atau bahan segar lainnya. Selain itu, box dan pintu dibuat rapat dan kedap dengan sistem pengunci yang lebih kuat untuk mempertahankan suhu di dalam box. Toyota juga membuat desain box-nya agak sedikit rounded, biar tampil beda. Versi ini menggunakan refrigerant R134a yang ramah lingkungan dengan voltase DC 12V-700W dan AC220V-700W.

“Dengan adanya model baru ini, selain bisa membeli Hilux Single Cabin, konsumen juga dapat memilih yang sudah satu paket dengan Dry Box maupun Refrigerated Box yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dan kehadirkan Hilux dengan Box ini tentunya bisa menjadi solusi baru untuk mempermudah kebutuhan bisnis para konsumen. Terlebih Hilux Box ini memiliki kapasitas angkut menjadi lebih besar sehingga mampu meningkatkan daya saing dalam mendistribusikan dry dan frozen goods ke seluruh wilayah Indonesia,” kata Vice President Director of PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Jadi, bagaimana menurut kalian, sob?

Read Prev:
Read Next: