Toyota Supra 2019 Tanpa Girboks Manual, Tapi Mesin Mudah Dimodifikasi

by  in International&Toyota
Toyota Supra 2019 Tanpa Girboks Manual, Tapi Mesin Mudah Dimodifikasi
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau mau bicara salah satu mobil paling hot di Geneva Motor Show 2018 Maret ini, haram rasanya kalau tidak melibatkan Toyota Supra. Lebih tepatnya sih Toyota GR Supra Racing Concept yang jadi petunjuk (lagi) soal kehadiran Supra baru. Petunjuk awalnya sudah dihadirkan oleh sosok mobil konsep Toyota FT-1, tapi makin hari makin terendus kehadiran Supra generasi kelima. Yes!

Tentu banyak yang sudah menggali-gali detail soal Toyota Supra baru di booth Toyota, berharap mendapatkan informasi dari pihak yang berwenang. Autoblog bertanya kepada Tetsuya Tada, kepala engineer Toyota 86 dan ia termasuk orang yang berperan besar dalam melahirkan kembali nama Toyota Supra. Saat ditanya soal kemungkinan opsi girboks manual, Tetsuya Tada punya warta yang sebaiknya diperhatikan.

Ia menyampaikan kalau Toyota Supra baru kemungkinan tidak akan hadir dengan pilihan girboks manual. Alasannya,”Menurut Tada itu bukanlah sebuah syarat penting yang dituntut oleh fans Supra.” Soal ini sih kami agak kurang sepakat, tapi kami paham logikanya. Dengan kerjasama oleh BMW, dipastikan Toyota Supra baru tidak akan murah. Lagipula, respons girboks otomatis sekarang makin hari makin bagus, jangan samakan dengan girboks otomatis jadul yang lamban macam bekicot.

Apa pasar girboks manual sudah sempit? Ya, betul, tapi belum sepenuhnya mati, terbukti dengan beberapa varian khusus seperti Porsche 911 R yang hanya hadir dengan girboks manual. Rival sebangsa dan setanah airnya Supra pun juga tidak ada yang pakai manual, seperti GT-R dan NSX. Meski Supra nanti tanpa girboks manual, setidaknya Toyota menjanjikan satu hal yang menarik buat fans Supra.

Supra baru akan punya distribusi bobot 50:50, titik berat lebih rendah dari Toyota 86 dan pakai mesin 6 silinder turbo seperti Toyota Supra JZA80 yang terakhir. Menariknya, Toyota bilang kalau mesin ini sangat mudah dimodifikasi. Nah, berarti harusnya mobil ini bakal jadi dambaan para tuner yang hobi oprek mesin sampai ribuan horsepower. Jika benar demikian, rasanya citra Supra takkan tercoreng. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: