Toyota Yaris Ativ Raih 5 Bintang dari ASEAN NCAP

by  in International&Toyota
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota Yaris Ativ adalah sedan baru Toyota yang berbasiskan Toyota Yaris model baru, atau biar gampang bisa kita anggap sebagai Toyota Vios. Mobil ini sudah sampai di Indonesia, namun ia sudah mendapatkan ujian dari ASEAN NCAP untuk ikutan tes tabrak demi membuktikan kemampuannya. Toyota Yaris Ativ yang dites ini adalah Yaris Ativ spek Thailand.

Ada baiknya kita tahu apa saja fitur keselamatan standar yang dibawa Toyota Yaris Ativ. Dalam keadaan standar, ia sudah punya sensor parkir di belakang, kamera mundur, ABS, EBD, Brake Assist, stabilty control, traction control dan hill start assist. Jumlah airbag Toyota Yaris Ativ yang ada 7 buah sendiri sebenarnya menarik, sebab jarang-jarang mobil kecil Toyota di ASEAN pakai airbag banyak. Well, airbag Toyota Rush ada 6 sih.

Dengan fitur keselamatan selengkap itu, kami mengharapkan akan hasil tes tabrak yang baik. Pada akhirnya, Toyota Yaris Ativ tidak mengecewakan, sebab ia berhasil mendapat skor 5 bintang dari tes tabrak ASEAN NCAP. Di sektor perlindungan penumpang dewasa alias Adult Occupant Protection (AOP), Yaris Ativ berhasil mendapatkan 44,70 poin, dan itu sama sekali bukan hasil yang buruk.

Dalam hal perlindungan penumpang anak atau Child Occupant Protection (COP) pun, Toyota Yaris Ativ masih lumayan dominan dengan total poin sebanyak 21,66 poin. Urusan asistensi teknologi keselamatan atau Safety Assist Technology (SAT), poin yang berhasil dikumpulkan Yaris Ativ adalah 15,28 poin. Meski tes ini pakai Yaris Ativ sedan, hasil Yaris hatchback baru diklaim tak akan beda selama fitur keselamatannya sama.

Di beberapa negara – dan mungkin Indonesia juga – Toyota Yaris Ativ nanti akan ganti nama menjadi Toyota Vios. Pihak ASEAN NCAP pun menulis mobil ini di siaran pers resminya sebagai Toyota Vios, bukan Toyota Yaris Ativ. Nah, andaikan Toyota Vios baru dijual di Indonesia dengan spek fitur keselamatan yang mumpuni, kita bisa tenang sedikit soal nilai keselamatannya nanti. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: