Toyota Resmi Perkenalkan Prius PHEV Untuk Pasar Indonesia

Toyota Resmi Perkenalkan Prius PHEV Untuk Pasar Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah jelas jika ada pabrikan yang serius dengan segmen hybrid saat ini, maka nama Toyota yang ada di posisi terdepan. Bagaimana tidak, kini Toyota menjadi pabrikan otomotif dengan line up mobil hybrid paling banyak di Indonesia. Mulai dari Toyota C-HR hybrid, Toyota Camry hybrid, lalu Toyota Corolla hybrid, Toyota Alphard hybrid eFour hingga Toyota Prius hybrid. Nah, kali ini pihak TAM kembali menambah line uphybrid mereka, tetapi agak sedikit berbeda.

Jadi, pihak Toyota Astra Motor (TAM) telah meresmikan sosok Toyota Prius PHEV. Oke, memang Toyota Prius PHEV bukanlah komoditas yang sepenuhnya baru di pasar global, tepi tergolong gres di Indonesia. “Toyota akan terus memperluas pasar kendaraan elektrifikasi, baik melalui kehadiran produk baru maupun melalui program untuk semakin memopulerkan pasar mobil elektrifikasi di Indonesia. Selain memberi pilihan terbaik kepada konsumen, langkah ini adalah bagian dari komitmen Toyota dalam mendukung program pemerintah Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Nah, sedikit tentang Toyota Prius PHEV, mobil ini sejatinya masih merupakan sebuah Prius walaupun harus diakui wajahnya lebih kece dari Prius biasa. Selain itu, sesuai namanya, Toyota Prius PHEV menggunakan sistem plug in hybrid yang artinya mobil ini bisa diisi daya baterainya dengan listrik via charger. Tentunya berbeda dengan Toyota Prius HEV (hybrid) yang tidak bisa diisi daya dari luar. Kami pribadi pernah mencoba Toyota Prius PHEV saat menjelajahi rute dari pelabuhan Ketapang menuju ke Bedugul Bali. Menariknya, Toyota Prius PHEV bisa dikatakan sebagai mobil yang fun to drive. Tidak percaya? Buktikan sendiri.

Toyota Prius PHEV ditopang oleh mesin 2ZR-FXE kapasitas 1.800 cc dengan power dan torque maksimum masing-masing 98 PS dan 142 NM serta motor listrik 1 NM/ISM dengan power dan torque maksimum masing-masing 53 Kw (98 PS) dan 142 Nm yang dalam mode BEV mempunyai cruising range sejauh 68,2 km. Prius PHEV menggunakan baterai jenis Lithium-Ion Battery yang mempunyai voltage 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 voltage. Battery capacity tercatat 8.8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220 Volt 16A.

Dengan kehadiran Prius PHEV ini, kami berharap dinamika pasar kendaraan elektrifikasi semakin tinggi sehingga tujuan untuk akselerasi kendaraan elektrifikasi bisa tercapai. Ke depannya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kami tentu akan terus melengkapi segmen mobil di Indonesia dengan berbagai line-up, termasuk Battery Electric Vehicle (BEV),” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. Untuk fitur, mobil ini dilengkapi dengan fitur seperti Toyota Safety Sense (TSS), Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System, dan Vehicle Stability Control (VSC) .

Jadi, apa tanggapan kalian terkait Toyota Prius PHEV ini? Serius, kalian perlu mencoba dahulu mobil satu ini.

Read Prev:
Read Next: