Toyota Voxy Stop Jualan di Jepang Bulan Ini, Next-Gen Hadir Januari 2022!

Toyota Voxy Stop Jualan di Jepang Bulan Ini, Next-Gen Hadir Januari 2022!
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Toyota Voxy telah menjadi salah satu model yang terbilang sukses di Indonesia. Melalui mobil ini, Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mengambil alih pangsa pasar boxy MPV yang sebelumnya didominasi oleh Nissan melalui Nissan Serena. Nah, kabar mengenai generasi terbaru dari Toyota Voxy pun kini makin masif, dan ternyata bulan ini menjadi bulan terakhir penjualan Toyota Voxy generasi sekarang di Jepang. Next-Gen dari Toyota Voxy pun dirumorkan hadir di awal tahun 2022 mendatang, lebih tepatnya di bulan Januari 2022. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Pakai Nama NOAH, VOXY Hanya Nama Varian

Mengutip informasi via BestCarWeb, kabarnya pihak Toyota Jepang telah menghentikan pemesanan untuk trio Toyota Noah, Toyota Voxy, dan Toyota Esquire per tanggal 23 September 2021 kemarin. Artinya, sudah hampir 1 minggu lamanya sejak order terakhir untuk ketiga MPV boxy yang hanya berbeda nama dan wajah tersebut. FYI, Toyota Voxy yang dijual saat ini menggunakan kode R80 dan sebasis dengan Toyota Noah berkode sama yang diperkenalkan sejak tahun 2014 silam. Artinya, Toyota Voxy yang dipasarkan saat ini sudah berusia 7 tahun lamanya, walaupun kenyataanya baru dijual di Indonesia pada tahun 2017 silam. Generasi berikutnya dari Toyota Voxy dan Toyota Noah akan menggunakan kode R90, dan seluruh model akan menggunakan nama Toyota Noah. Yap, tidak akan ada lagi nama Toyota Voxy di pasar Jepang, walaupun bisa jadi nama Toyota Voxy masih akan digunakan di Indonesia, kalau next-gen-nya masuk ke Indonesia. Nama ‘Voxy’ sendiri nantinya akan turun kasta menjadi nama varian atau tipe untuk Toyota Noah. Langkah ini diambil Toyota untuk meminimalkan jumlah model mereka.

Sumber menyebutkan bahwa Toyota Noah generasi terbaru akan memiliki 4 tipe, yaitu X, G, Si, dan Voxy. Tipe X adalah tipe terendah dari Toyota Noah, dimana wajahnya tentu akan menggunakan bahasa desain khas Noah, bukan ala Voxy ataupun Esquire. Sedangkan tipe G adalah tipe tengah yang diprediksi setara dengan trim Toyota Noah yang dipasarkan sebelumnya. Yang menarik, ada tipe Si yang diduga kuat merujuk pada tampilan mewah khas Toyota Esquire. Sedangkan varian Voxy tentunya akan merujuk pada penggunaan desain wajah bertema sporty seperti yang digunakan oleh Toyota Voxy saat ini. Jadi, kemungkinan di masa depan kita tidak akan mengenal nama Toyota Voxy, namun nama Toyota Noah Voxy. Pertanyaannya, mengapa Toyota masih menggunakan nama ‘Voxy’ sebagai nama varian? Mengapa tidak sekalian menggunakan nama ‘Noah’ saja? Jawabannya sederhana, karena ternyata penjualan Toyota Voxy di Jepang juga moncer. Malahan, Toyota Voxy lebih laris dibandingkan Toyota Noah. Namun, bagaimanapun juga, asal mula Toyota Voxy adalah Toyota Noah. Nampaknya, alasan itu yang membuat nama ‘Noah’ tetap dipertahankan, dan ‘Voxy’ turun kasta menjadi nama varian.

Jualan VOXY 2 Kali Lipat NOAH

Yap, penjualan Toyota Voxy di Jepang ternyata jauh mengungguli saudara sebasisnya. Sepanjang bulan Agustus 2021, Toyota Voxy berhasil mencatatkan penjualan 4.243 unit, sedangkan Toyota Noah hanya 3.080 unit. Sedangkan di bulan sebelumnya, Toyota Voxy mampu terjual 6.372 unit, sedangkan Toyota Noah hanya 4.367 unit. Kalau ditotal, sepanjang 2021 ini Toyota Voxy mampu meraih penjualan sebesar 51.716 unit, sedangkan Toyota Noah hanya 32.676 unit saja. Kalian bisa bayangkan bahwa penjualan Toyota Voxy hampir 2 kali lipat dari Toyota Noah. Inilah salah satu alasan penting mengapa nama ‘Voxy’ tetap harus ada walaupun hanya sebagai nama varian saja. Sedangkan di Indonesia, Toyota Voxy telah berhasil mencatatkan angka 792 unit secara wholesales dalam 7 bulan pertama di tahun 2021 ini. ANgka yang cukup impresif mengingat kondisi pandemi yang menekan penjualan mobil – mobil di segmen middle low. Jadi kita tunggu saja seperti apa kejutan dari Toyota untuk next gen Toyota Voxy/Noah. Isunya, unit mobil sudah siap di bulan depan, walaupun baru akan diluncurkan Januari 2022.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: