Toyota Vitz (Yaris) Generasi Berikutnya Gunakan Mesin 2 Silinder!

Toyota Vitz (Yaris) Generasi Berikutnya Gunakan Mesin 2 Silinder!
0  komentar

AutonetMagz.com – Biasanya kalau kita bicara urusan mobil yang irit bahan bakar, maka kita akan langsung ingat dengan mobil – mobil LCGC. Mesin kecil, jumlah silinder sedikit, cuma tiga dan bodynya mungil. Yap, kita tahu bahwa mesin 3 silinder punya efisiensi bahan bakar yang oke, walaupun getarannya seolah mengajak berjoged ria di dalam mobil, walaupun tak semua mobil  3 silinder seperti itu. Namun bagaimana kalau sebuah pabrikan ingin lebih advance lagi dalam hal irit bahan bakar? Kurangi lagi silindernya? Nampaknya begitu.

Yap, kalian tak salah membaca judul di atas, karena dari kabar terbaru yang kamu kutip via Response Japan, menunjukkan bahwa sosok Toyota Vitz akan menggunakan mesin baru dengan jumlah silinder dibawah 3, alias cuma 2. Mobil yang di kemudian hari namanya akan diganti menjadi Toyota Yaris supaya namanya sama dan penjualannya bisa dihitung global ini akan menggunakan mesin 1.500cc dua silinder segaris. Artinya? Dalam satu silinder berkubikasi 750cc, menarik juga. Mungkin beberapa dari kalian sudah berpikir aneh – aneh dan membayangkan sebuah Toyota Vitz atau Toyota Yaris bersuara ala Kawasaki Ninja 250, namun jangan terlalu jauh dahulu imajinasinya. Karena mesin 1.500cc 2 silinder ini bukanlah mesin yang stand alone, melainkan mesin yang akan dikombinasikan dengan motor listrik.

Jadi, mesin 1.500cc 2 silinder yang digunakan oleh next gen Toyota Vitz atau Toyota Yaris sendiri dikhususkan untuk varian hybrid. Tujuannya jelas, seperti yang kami singgung di awal, yaitu mengejar efisiensi bahan bakar. Dari sumber tersebut, prediksi dari fuel economy alias konsumsi bahan bakar Toyota Vitz a.k.a Toyota Yaris Hybrid di generasi berikutnya ini mencapai 45 km per liternya. Capaian yang fantastis kan? Bahkan, jikalau dibandingkan dengan model yang dijual saat ini yang hanya mencapai 34,4 km per liternya. Nah, selain mesin 1.500cc 2 silinder, Toyota Vitz generasi berikutnya juga akan membawa jajaran mesin dynamic force milik Toyota, antara lain yang mesin yang menggunakan konfigurasi tiga silinder segaris berkubikasi 1.000cc 1KR-FE, lalu mesin berkubikasi 1.300cc 1NR-FE dan mesin berkubikasi 1.500cc 1NZ-FE.

Tak hanya itu, Toyota Vitz GRMN alias Toyota Yaris GRMN juga akan diproduksi di generasi berikutnya, dan kabarnya akan memiliki keluaran tenaga nggilani, yang mencapai 230 PS. Generasi terbaru dari Toyota Vitz sendiri akan menggunakan platform terbaru milik Toyota, yaitu TNGA, namun bukan seri GA-C seperti Toyota C-HR melainkan TNGA GA-B. Dengan aplikasi platform ini, kabarnya Toyota Vitz nantinya akan jauh lebih stabil dan lebih rigid. Namun memang ada dampak yang diberikan dengan aplikasi platform TNGA GA-B ini, yaitu dimensinya yang agak bertambah, dengan panjang mencapai 4 meter kurang 50mm dan lebar 1,7 meter. Next-gen Toyota Vitz  alias Toyota Yaris sendiri akan diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 mendatang.

Dengan perkiraan launching-nya di TMS 2019, maka bisa jadi mobil ini baru akan dijual di penghujung 2019 atau malah di awal 2020. Nah, sayangnya, walaupun namanya sama – sama Toyota Yaris nantinya, sosok ini adalah sosok yang berbeda dengan yang dijual di Indonesia. Btw, kalau kalian mau pilih, mending Toyota Yaris di Indonesia atau yang di Jepang? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: