Mazda CX-50 Hybrid Rilis di China, Pakai Mesin Toyota Camry!

by  in  Berita & International & Mazda
Mazda CX-50 Hybrid Rilis di China, Pakai Mesin Toyota Camry!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kerjasama antara Toyota dan Mazda memang makin hari makin meluas ke banyak bidang. Setelah sebelumnya berbagi sejumlah model serta sharing pabrik di US, kini akhirnya ada mobil resmi Mazda yang menggunakan mesin Toyota. Yap, sesuai judul di atas, Mazda CX-50 adalah mobil pertama Mazda yang menggunakan mesin buatan Toyota, lebih tepatnya mesin yang menggunakan teknologi hybrid Toyota. Yuk kita bahas.

Mazda Pertama Bermesin Hybrid Toyota

Jadi, baru-baru ini Mazda China memperkenalkan Mazda CX-50 Xingye dengan opsi mesin baru yaitu mesin 2.500cc HEV. Nah, usut punya usut, mesin yang ditawarkan di SUV ini ternyata merupakan mesin A25D-FXS yang notabene adalah mesin hybrid milik Toyota Camry dan Harrier. Nah, mesin ini memiliki keluaran tenaga maksimal di angka 178 PS pada 5.700 rpm dan torsi 221 Nm mulai 3.600 rpm hingga 5.200 rpm. Mazda CX-50 Hybrid pun hadir dalam 2 opsi penggerak yaitu 2WD dan 4WD. Untuk varian 2WD, tentunya motor dan mesin diposisikan di sisi depan saja. Sedangkan versi 4WD menggunakan 2 buah motor yang ada di sisi depan dan belakang.

Untuk motor listriknya sendiri, versi 2WD memiliki tenaga maksimal 120 PS dan torsi 202 Nm. Sedangkan versi 4WD menggunakan motor depan dengan spesifikasi yang sama namun ditambah motor belakang dengan tenaga 54 PS dan torsi 121 Nm. Sedangkan untuk transmisinya, Mazda CX-50 HEV menggunakan transmisi e-CVT yang sebenarnya juga masih cukup identik dengan transmisi milik Toyota. Dipilihnya Mazda CX-50 sebagai mobil pertama yang menggunakan teknologi hybrid Toyota nampaknya juga bukan tanpa alasan. FYI, Mazda CX-50 adalah mobil yang dikembangkan dan diproduksi di pabrik Mazda dan Toyota yang ada di Alabama, US. Jadi, kami curiga bahwa sedari awal sudah ada penyesuaian untuk skenario ini dalam rancang bangunnya.

Harga CX-50 Hybrid Menggiurkan

Lantas, berapa harga jual Mazda CX-50 Xingye HEV di China? Varian termurah dengan penggerak 2WD dibanderol 195.800 Yuan atau setara 420 jutaan Rupiah. Sedangkan varian termahal yaitu 4WD dibanderol 239.800 Yuan atau setara 515 jutaan Rupiah. Hmmm, harga yang cukup menarik untuk sebuah C Segment SUV dengan build quality jempolan ala Mazda namun mesin durable ala Toyota. Sebuah perpaduan yang sebenarnya cukup menggiurkan. Sayangnya, kecil sekali kemungkinan pasar Indonesia akan mendapatkan mobil ini. Sejauh ini, pasar Jepang pun tidak mendapatkan mobil ini. Bahkan, negeri tetangga yaitu Australia yang line up Mazdanya terbilang lengkap pun tidak kebagian mobil ini.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: