Toyota Urban Cruiser 2020 Siap Rilis di India!

by  in  Mobil Baru
Toyota Urban Cruiser 2020 Siap Rilis di India!
0  komentar

Autonetmagz.com – Bisa dibilang kalau segmen pasar compact SUV di India adalah salah satu kelas paling kompetitif di negara sub continent tersebut. Dengan adanya mobil-mobil seperti Maruti Suzuki Vitara Brezza, Hyundai Venue, Tata Nexon, Ford EcoSport, Mahindra XUV300 dan Honda WR-V, manufaktur yang ingin memasuki segmen ini harus menyiapkan sebuah mobil sematang-matangnya untuk bisa melawan.

Dan itulah saatnya dimana Toyota masuk dengan sub compact SUV mereka khusus untuk pasar India, Toyota Urban Cruiser. Toyota menggandeng Maruti Suzuki, selaku market leader dalam segmen mobil di India untuk membuat mobil ini, namun apa hubungan Suzuki dengan Toyota Urban Cruiser? Well, mobil ini akan menggunakan basis dari Maruti Suzuki Vitara Brezza. Alasan mengapa Toyota Urban Cruiser akan memakai platform Suzuki Vitara Brezza dikarenakan mobil donor-nya sudah terbukti sukses di India. Pada bulan Juli lalu, Suzuki Vitara Brezza menjadi mobil SUV kecil paling laris di India dengan total penjualan sebanyak 7.807 unit.

Inipun bukan pertama kalinya Toyota berkolaborasi dengan Maruti Suzuki. Pada 2019 lalu, Toyota me-rebadge salah satu mobil terlaris Maruti Suzuki, yakni Maruti Suzuki Baleno. Dinamakan Toyota Glanza, mobil itu secara literal hanya Maruti Suzuki Baleno yang memakai lambang Toyota. Secara mesin, interior dan bodi dua mobil tersebut sangat identik. Namun kasus nya lumayan berbeda dengan Toyota Urban Cruiser. Toyota mengklaim bahwa mobil ini akan mendapatkan fascia dan interior yang berbeda dengan Maruti Suzuki Vitara Brezza untuk memberikan identitas khasnya sendiri.

Secara dimensi dan bentuk Toyota Urban Cruiser identik dengan saudara kembarnya, balik lagi karena mereka menggunakan platform yang sama. Untuk interior, Toyota menyatakan kalau Toyota Urban Cruiser akan mendapatkan warna interior yang lebih cerah ketimbang kembarannya dimana interiornya cenderung lebih gelap. Untuk soal infotainment dan fitur, mobil ini bisa dibilang lumayan lengkap. Layar touchscreen besar dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto sebagai sistem infotainment, AC Digital dengan fitur Auto, dan Multi Function Steering Wheel lengkap dengan tombol volume dan fungsi-fungsi lain.

Nah mesin yang akan digunakan oleh Toyota Urban Cruiser sama dengan kembaran nya, yakni mesin seri K Suzuki dengan kapasitas 1.5L yang mengeluarkan tenaga sebesar 104ps dan torsi 138nm. Toyota juga sediakan sistem mild hybrid untuk versi manual dan otomatisnya, berbeda dengan Maruti Suzuki yang hanya menawarkannya dalam model otomatis saja. Sepertinya Toyota mengerti bagaimana cara untuk memasuki pasar otomotif India dengan menggaet Maruti Suzuki.

Kira-kira mobil apa lagi yang bakal di buat oleh 2 manufaktur raksasa tersebut kedepannya? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: