New Yamaha Tricity 300 : Dapat Standing Assist & Frame Baru!

New Yamaha Tricity 300 : Dapat Standing Assist & Frame Baru!
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian mengenali sosok Yamaha Tricity? Yap, salah satu line up Yamaha di segmen Leaning Multi Wheel tersebut memang sempat dan masih dipasarkan di Indonesia dengan kubikasi mesin 155cc VVA. Nah, evolusi terbarunya sebenarnya muncul di Tokyo Motor Show 2019 lalu dengan bekal mesin lebih besar dan menjadi Yamaha Tricity 300. Kali ini, Yamaha kembali memberikan update pada Yamaha Tricity 300 MY2021, dimana ada tambahan 1 fitur penting. Cekidot.

Kemarin, Yamaha Motor Corp mengunggah rilis resmi di situs mereka yang membahas mengenai New Yamaha Tricity 300. Dan di dalam rilis tersebut, Yamaha memberitahukan bahwa mereka telah memberikan tambahan fitur dan ubahan pada motor 3 roda tersebut. Ubahan paling penting ada pada penambahan standing assist untuk motor ini. FYI, jajaran motor 3 roda milik Yamaha sebelumnya tidak bisa berdiri sendiri. Kalau kalian berharap motor – motor ini bisa tetap berdiri tanpa stand samping atau tengah, maka siap – siap motor tersebut jatuh. Namun, di New Yamaha Tricity 300, Yamaha sudah memberikan standing assist yang bahkan tidak dimiliki oleh Yamaha Niken.

Nah, fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan saklar yang tersedia, dimana setelah itu disk yang berada di atas dari sistem mekanisme LMW Ackermann Geometry-nya akan mengunci dengan bantuan dari kaliper elektrik sehingga motor ini bisa steady. Saat fitur ini bekerja, kinerja dari suspensi juga akan diatur sehingga tidak akan masalah jikalau ada sedikit tekanan ke atas motor, seperti saat penumpang naik ke jok belakang. Oiya, New Yamaha Tricity 300 juga menggunakan rangka baru yang merupakan kombinasi pipa tipis dan plat yang diklaim mampu meningkatkan kestabilan antara kekutan dan rigidity. Wajah depannya juga sedikit berubah, khususnya di area windshield yang membentuk huruf Y. Iya, Yamaha artinya.

New Yamaha Tricity 300 sendiri akan dijual per tanggal 30 September 2020 alias bulan depan di Jepang. Harganya mencapai 957 ribu Yen atau setara 132,2 jutaan Rupiah setelah pajak. Mahal? Ya wajar saja karena mekanisme LMW bukanlah hal yang murah. Yamaha menargetkan New Yamaha Tricity 300 bisa terjual sebanyak 400 unit setahun, dimana itu untuk pasar Jepang saja. Jadi, nampaknya Yamaha memang tidak mematok angka tinggi untuk penjualan motor ini. New Yamaha Tricity 300 dipasarkan dengan opsi mesin 300cc Blue Core yang merupakan basis mesin yang sama dengan mesin Yamaha X-Max 300 ataupun 250. Kok belum VVA? Nampaknya motor ini belum perlu teknologi itu.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: