Toyota S-FR Versi Produksi Berpeluang Pakai Mesin 1.200 cc Turbo?

Toyota S-FR Versi Produksi Berpeluang Pakai Mesin 1.200 cc Turbo?
0  komentar
Toyota-SFR

AutonetMagz.com – Mobil sport kecil dari Toyota yang kita kenal sebagai S-FR belum lama menampakkan wujudnya di Tokyo Motor Show kemarin. Meski sekarang Toyota bekerja sama degan Mazda, Toyota S-FR menargetkan Mazda MX-5 1.500 cc sebagai rivalnya. Mobil yang diasumsikan sebagai reinkarnasi Toyota Sports 800 yang legendaris ini mengusung konsep yang sama dengan MX-5 : kecil, enteng, bermesin depan, gerak roda belakang dan mementingkan unsur fun.

Laporan sebelumnya mengatakan kalau Toyota S-FR versi produksi disipakan dengan mesin 1.500 cc 130 hp. Mesin calon penghuni engine bay S-FR diklaim berkode 2NR-FKE, masih satu famili dengan mesin Grand New Veloz di Indonesia, tapi ada warta terbaru dari Motoring kalau pilihan itu masih tentatif.

interior-toyota-SFR

Media Australia tersebut melaporkan bahwa salah satu engineer mesin senior Toyota berujar bahwa S-FR juga mungkin dilengkapi mesin 1.200 cc turbo dengan Atkinson cycle, bukan Otto. Mesin ini pun tidak hanya akan jadi milik S-FR belaka, melainkan dipersiapkan untuk menjadi mesin yang bisa dipasang di Toyota-Toyota baru manapun.

Dari perspektif desain dan perancangan, hal ini memang sedang kami pertimbangkan,” kata engineer tersebut. Meski ada kata-kata turbo, klaim tenaganya tidak terlalu spektakuler, hanya 114 hp, tapi torsinya yang 184 Nm terdengar boleh juga. Dengan klaim bobot tidak lebih dari 980 kilogram, rasanya cukup dengan tenaga dan torsi segitu, tidak akan kedodoran.

toyota-SFR-rear-quarter

Ingat, ini sih masih rumor, satu-satunya yang bakal menjelaskan semuanya hanya saat Toyota meluncurkan S-FR secara resmi dan menjualnya ke publik. Tapi kalau boleh memilih, mendingan S-FR pakai mesin 1.500 cc naturally aspirated atau 1.200 cc turbo? Sampaikan pilihanmu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafi M. P.

    1.200 cc Turbo bisa jadi itu 8NR-FTS yang dipake di Toyota Auris facelift

  • siswanto18

    turbo mas bro, jaman skrg mobil pakai omah keong baru enak. kalo NA buat kaleng yg modelnya sporty gitu ngak cocok, jd kayak bang hilsat tanpa rambut. kalo NA cocoknya buat kaleng apansa sama ipah aja, pamili car.

    • Aryo Wicaksono

      iya deh Mas mesin NA kayak Honda K20A sekarang udah nggak zaman. (sambil menunggu kabar skandal emisi mesin petrol turbo :V)

  • Livai Nick

    knp jepun selalu setengah hati maen soal performa ya.. apa emg sengaja dikasi ruang ‘penasaran’ buat dioprek2 kali yah.. bayangin kaya ford focus ecoboost 1.5ltr turbo 200 hp kan mau pas mau buang duitya afdol banget gituh wkwkw. kaleeee ^^