Membandingkan Wajah Toyota Avanza Dengan Produk Honda

by  in Honda&Komparasi&Nasional
Membandingkan Wajah Toyota Avanza Dengan Produk Honda
0  komentar

cover-toyota-avanza-facelift-2015-indonesiaJakarta, AutonetMagz – Setelah kami menjadi media pertama yang mempublikasikan wajah Toyota Avanza minor change 2015, Pasti banyak yang kaget kan kalau bentuk Avanza berubah menjadi solid wing face ala Honda, begitu sih reaksi teman-teman pecinta otomotif ketika pertama kali melihat model depannya. Nah sebenarnya mari kita bahas, kenapa sih Toyota melakukan permak wajah depan Avanza seperti itu?

Keen Look

Sejak tahun 2012, Toyota memulai semua line up baru mereka dengan bahasa desain baru yang bernama “Keen Look”, mobil yang pertama kali mendapatkan desain keen look ini adalah Toyota Auris yang diluncurkan di Eropa dan perlu diakui bahwa bentuknya keren, diluar kebiasaan Toyota.

Toyota-Auris-facelift-BiruKeen look sendiri jika diterjemahkan memiliki arti tampilan tajam, setajam silet. Kita tidak akan lagi menemukan sosok mobil tersenyum gembira seperti layaknya Peugeot, namun berganti menjadi tampang wajah mobil yang galak dan memiliki sudut-sudut tajam yang tidak biasa.

Menurut Hiroya Fujita selaku engineer yang pertama kali menciptakan mobil dengan wajah keen look, semua mobil Toyota terbaru akan memiliki desain bumper yang lebih menekan kebawah untuk memberikan kesan lebar, rendah dan memiliki titik gravitasi rendah, lalu setiap lekukan mobil dibuat diberikan karakter yang tajam dan kuat sesuai dengan permintaan Akio Toyoda yang memerintahkan untuk membuat mobil yang menarik dengan postur yang sporty.

Solid wing faceSedangkan Solid Wing Face jauh lebih mudah untuk dikenali, pokoknya grille sama lampu depan mobil Honda seperti siluet sebuah sayap pada kedua lampunya dan postur mobil seperti ditarik dari depan ke belakang. Lebih simpel jika dijelaskan dibandingkan dengan keen look yang memiliki makna sangat luas.

Baca Juga: Ini mesin baru Toyota Avanza Facelift 2015

Karena saking abstraknya penjelasan tentang keen look milik Toyota, kita bisa menemukan wajah mobil Toyota satu sama lain sangat berbeda dan tidak memiliki karakteristik yang mudah dikenali bahwa itu adalah mobil Toyota, Contohnya pada Toyota Avanza kali ini, menurut kami Toyota Avanza memiliki wajah solid wing face ketimbang keen look. Sebagai contoh, mari kita bandingkan dengan Honda Odyssey.

Honda Odyssey vs AvanzaDan kedua, mari kita bandingkan dengan produk Honda yang masih hangat seperti Honda HR-V, karena mobil ini memiliki lampu depan yang mirip, bahkan grille bawahnya juga sangat mirip. Agak sulit mencari gambar Honda HR-V dengan angle yang sama dan warna yang mirip, tapi untungnya kita menemukan gambar ini di situs caranddriver.com (gambar HR-V sepenuhnya milik Car and Driver), pas lagi warnanya biru, mungkin memang sudah jalannya.

Honda-HR-V-vs-Toyota-Avanza-Mirip

Wkwkwkw…. Mirip kan? Terlihat jelas sebenarnya kedua mobil ini memiliki banyak kesamaan, mulai dari tarikan lampu meruncing ke tengah, grilee bergaris hitam, dua buah pemecah angin di bumper. Untuk pemilik Honda HRV, kami sarankan untuk tidak memberikan aksesori chrome tambahan di bibir bawah grille, karena nanti sangat identik dengan Avanza!

Nah sekarang bagaimana jika kita ganti logo Toyota menjadi Honda dan tambahkan logo RS berwarna merah pada grillenya, apakah mobil ini cocok menjadi sebuah Honda dari tampilan depannya?

Honda-AvanzaWkwkwkwk…. Cocok bukan? Nah soal siapa meng-copy siapa tentu saja itu diluar ranah kami, tapi soal mirip atau tidak, kami rasa hal ini disebabkan oleh definisi keen look yang terlalu luas dan tidak spesifik, sehingga desainer Toyota bebas menciptakan desain tanpa harus memiliki kesamaan dengan produk Toyota lainnya.

Tapi jika disimpulkan, mirip kan desain Avanza baru dengan Honda? Nah jadi buat anda yang belum sanggup beli Honda Odyssey atau Honda HR-V, minimal kita bisa beli versi paket hematnya yang lebih terjangkau dan lebih muat banyak.

Baca juga: Ini Bocoran Wajah Avanza Terbaru

NB: artikel ini hanya intermezzo, tidak perlu dianggap serius!

Read Prev:
Read Next: