Inilah Toyota GR Supra Racing Concept, Long Live Supra!

Inilah Toyota GR Supra Racing Concept, Long Live Supra!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya hari ini tiba juga. Seabrek spekulasi yang beterbangan selama beberapa tahun dan sekarang kita hampir sampai di ujungnya. Untuk menjadi pusat perhatian di Geneva Motor Show, Toyota menghadirkan konsep mobil balapnya dengan nama yang sudah kita kenal. Ya, perkenalkan, ini dia Toyota GR Supra Racing Concept yang menjadi preview Toyota Supra versi balap nanti.

Bersamaan dengan munculnya konsep mobil balap ini, Toyota secara resmi mengonfirmasi kalau,”Konsep ini adalah utusan Toyota dalam menyampaikan bahwa Supra generasi kelima kembali ke dunia ini.” Ya, nantinya kami takkan heran kalau fans Supra akan menyebut Supra baru sebagai Supra MkV alias Mark 5. Tapi kok strateginya mirip BMW ya, di mana mereka merilis versi balap dulu baru versi produksinya nanti? BMW M8 GTE kan sudah ada, tinggal BMW M8-nya yang belum.

Sedangkan untuk konsepnya, ia hadir dengan bodi coupe dengan tarikan desain yang dramatis, termasuk fender lebar dan aero kit gila, di mana Supra berani menampilkan diffuser belakang yang besar plus spoiler belakang yang tetap. Bayangkan jika mobil ini menanggalkan semua jubah balapnya, bisa jadi itulah yang akan jadi sosok Toyota Supra generasi kelima. Bodi ini masih mirip konsep Toyota FT-1, tapi dengan detail yang disederhanakan.

Ya, Supra akan kembali,” kata Johan Van Zyl, Presiden dan CEO Toyota Motor Europe. “Konsep ini adalah sinyal yang jelas dari niat kami untuk membawa kembali salah satu mobil sport legendaris kami ke pasaran. Bayi ini kami kembangkan bersama Toyota Gazoo Racing, adalah kuda perang kami yang khusus dirancang untuk balapan.” Kami tidak perlu beritahu juga kan kalau Toyota Supra baru nanti bersaudara dengan BMW Z4?

Kami punya cara untuk membawa ‘Supra Hero’ kami ke era modern. Mobil ini dibuat dengan konsep ringan, ringkas dan pastinya, kencang. Saya rasa kita semua di sini setuju kalau mobil ini sangat keren,” lanjutnya. Bagian-bagian seperti bumper depan-belakang, kap mesin, air splitter depan, diffuser belakang, side skirt dan sayap belakang terbuat dari material komposit. Semua jendela di mobil ini tidak pakai kaca, melainkan plastik bening. Ini mobil balap, kapten.

Interior Toyota GR Supra Racing Concept ini murni berorientasi balap, karena dashboard-nya sangat terondol dan hanya punya 1 jok bucket buat sang pembalap. Ada roll cage buat keamanan, panel pintu carbon fiber supaya tingan dan quick release steering wheel seperti milik Aston Martin Vulcan. Nomor 90 di mobil ini mengacu pada referensi sejarah kode nama Supra. Hm, kalau Toyota Supra terakhir kodenya JZA80, apa jangan-jangan GR Supra nanti kodenya JZA90 ya?

Toyota belum merilis spesifikasi teknis yang lebih detail, namun mereka memaparkan bahwa konsep hasil garapan Toyota Gazoo Racing ini tetap memakai format Supra klasik, yakni mesin di depan dan penggerak roda belakang. Bagus, dan semoga format ini tetap dijaga sampai akhirnya Toyota Supra versi produksi hadir di pameran. Sudah agak jarang mobil yang pakai 2WD sekarang, NSX saja hijrah ke AWD.

Versi road legal dari Toyota GR Supra Racing Concept ini baru akan tiba tahun 2019 mendatang. Khusus buat yang tidak sabaran, Toyota Supra baru ini nantinya bisa dinikmati sebagai mobil baru di game Gran Turismo Sport pada bulan April sebagai DLC baru. Nah, buat Honda NSX dan Nissan GT-R, sekarang teman lama kalian sudah datang. Tinggal sisa Mazda dengan RX-Vision yang belum jelas nasibnya. Menurutmu, bagaimana Toyota Supra baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: