Toyota Siapkan Sienta Hybrid Untuk Pasar Indonesia

Toyota Siapkan Sienta Hybrid Untuk Pasar Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota Sienta saat ini telah mengaspal selama setahun, dan selama ini MPV asal Jepang ini diproduksi lokal di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat. Walaupun secara penjualan masih belum dikatakan wow karena segmen pasarnya sudah tergerus oleh SUV dan CUV, namun nampaknya Toyota Indonesia masih memiliki asa bahwa suatu hari nanti Toyota Sienta akan menemui masa jayanya di tanah air. Dan nampaknya sebuah varian baru bisa membuka jalan menuju impian tersebut.

Ya, Toyota Sienta yang kita kenal adalah unit yang menggunakan mesin 2NR-FE yang menjadi penerus dari mesin 1NZ-FE legendaris. Tak ada yang salah dengan mesin ini walaupun memiliki tenaga yang tidak spektakuler, 107 PS pada 6.000 Rpm dan torsi 140 Nm pada 6.200 Rpm. Secara tenaga bisa dibilang biasa saja, puncak tenaga dari mesin tersebut juga didapatkan di putaran yang cukup tinggi yang membuatnya bisa dibilang tak cukup irit walaupun menggunakan transmisi otomatis CVT. Padahal di negara asalnya, ada unit  Toyota Sienta yang menggunakan mesin hybrid.

Sebelumnya, kami tak terlalu berharap Toyota Sienta Hybrid akan masuk ke Indonesia dalam tahun – tahun ini. karena seperti yang kita tahu, pajak mobil hybrid di Indonesia itu amit – amit nggilani, karena memang dihitung memiliki dua mesin yang membuat pajaknya membengkak seperti terkena tumor. Padahal, pihak Toyota sendiri sempat menyatakan tertarik untuk membawa unit Toyota Sienta Hybrid ke Indonesia, sejalan dengan saudara dekatnya Toyota C-HR yang memiliki mesin hybrid pula. Dan kabar gembira akhirnya datang juga ke tanah air.

Berkat usulan program baru LCEV alias Low Carbon Emmision Vehicle yang sedang digodok oleh pemerintah RI, Toyota Sienta Hybrid nampaknya sedang dipersiapkan sebagai jagoan pihak Toyota di masa depan. Secara kasar, jika nantinya LCEV diresmikan dengan insentif pajak pada mesin hybrid, mesin listrik murni, dan mesin kecil berturbo, maka Toyota Sienta Hybrid akan menjadi mobil pertama yang didaftarkan oleh pihak TAM ke program LCEV. Hal ini diperkuat dengan hadirnya satu unit Toyota Sienta Hybrid berwarna orange di tanah air yang tertangkap kamera oleh pihak Kompas beberapa waktu lalu.

Tentunya dengan arah pergerakan dunia otomotif yang semakin menekan emisi gas buang, mau tak mau program seperti LCEV harus segera diresmikan. Karena dengan adanya insentif dan kemudahan terkait mobil listrik dan mobil hibrida-lah yang akan mendukung pabrikan dan masyarakat untuk beralih ke kendaraan rama lingkungan, yang benar – benar ramah lingkungan tak cuma ramah di kantong dan ramah di fitur. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: