Honda Civic Type R Generasi Terbaru Kembali Pecahkan Rekor di Sirkuit Suzuka

by  in  Berita & Honda & International
Honda Civic Type R Generasi Terbaru Kembali Pecahkan Rekor di Sirkuit Suzuka
0  komentar

AutonetMagz.com – All New Honda Civic Type R generasi terbaru (generasi keenam) ini sebelumnya tampil untuk pertama kalinya di dunia dalam versi prototipe di Tokyo Auto Salon yang berlangsung pada tanggal 14 hingga 16 Januari 2022 lalu. All New Honda Civic Type R generasi terbaru versi prototipe tampil dalam balutan stiker kamuflase dengan logo “R” yang menutupi seluruh lekuk bagian bodi mobil. Generasi keenam ini akan menggunakan kode sasis baru (FL) dan akan menggunakan basis dari All New Honda Civic generasi kesebelas.

Berhasil Pecahkan Rekor

Menjelang debut internasionalnya, kalau generasi baru Honda Civic Type R sudah seliweran, berarti varian kencang tersebut tinggal menunggu waktu saja untuk dirilis. Honda pun sudah mengonfirmasi bahwa Honda Civic Type R generasi terbaru masih dalam tahap pematangan. Mobil tesnya sudah diuji ke mana-mana, termasuk di Sirkuit Suzuka di Jepang dengan stiker penyamaran. Untuk mengangkat predikat Honda Civic Type R, Honda mencari rekor apa lagi yang bisa mereka pecahkan.

Hasilnya pun berbuah manis, Honda Civic Type R kembali pecahkan rekor putaran tercepat (lap record) untuk kategori mobil penggerak roda depan (front-wheel drive). Dilakukan di Suzuka International Circuit, Jepang dengan Catatan waktu 2 menit 23 detik. Hasil tersebut didapatkan dari hasil pengujian final yang dilakukan oleh Honda pada bulan Maret 2022 lalu. Catatan waktu tersebut sekaligus mematahkan catatan waktu sebelumnya yang ditorehkan oleh model Honda Honda Civic Type R Limited Edition keluaran tahun 2021.

Prediksi Perubahan

Hampir semua kompetitor dari Honda Civic Type R sudah mengadopsi teknologi modern yang mengedepankan kecepatan. Seperti transmisi dual clucth atau penggerak AWD. Namun, Honda rupanya ingin tetap ada pendekatan tradisional dalam menciptakan Civic Type R terbaru. Sebab pada generasi terbaru ini akan tetap pakai penggerak FWD dengan transmisi manual 6 percepatan untuk dipasangkan dengan mesin 2.000 cc VTEC turbonya.

Honda belum membeberkan apa-apa soal mesin Honda Civic Type R 2022. Kemungkinan besar ia akan memakai mesin Type R terkini dengan ubahan di banyak sektor. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peformanya dengan sedikit menaikkan tenaga dan torsinya agar tidak kalah dengan kompetitor lain. Peningkatan spesifikasi sasis dan stabilitas juga pastinya akan disematkan agar mobil ini bisa lebih cepat.

Jadi bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: