Toyota Rilis bZ3, Versi sedan dari bZ Series Untuk Pasar Tiogkok

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota Rilis bZ3, Versi sedan dari bZ Series Untuk Pasar Tiogkok
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota telah merilis bZ3 baru, yang merupakan model kedua dalam jajaran kendaraan listrik bZ setelah Toyota bZ4X. Dikembangkan untuk pasar Tiongkok, Toyota bZ3 adalah hasil kolaborasi antara Toyota, BYD Company dan FAW Toyota Motor. FAW sendiri akan bertanggung jawab atas produksi dan distribusi EV di Tiongkok. Dibangun di atas platform e-TNGA Toyota dan dilengkapi dengan baterai BYD’s Blade lithium iron phosphate (LFP).

Dimensi, Eksterior, dan Interior

Toyota BZ3 sedikit lebih panjang dan lebih tinggi dari Tesla Model 3. Berukuran panjang 4.725 mm (+31 mm dibandingkan dengan Model 3), lebar 1.835 mm (-14 mm) dan tinggi 1.475 mm (+32 mm). Dalam hal wheel base, Toyota bZ3 memiliki panjang 2.880 mm (2.875 mm untuk Model 3). Dari segi desain, EV baru Toyota ini memiliki bagian depan yang mirip seperti Toyota bZ4X yang dipasangkan dengan bodi fastback. Terdapat air guide, air curtain, flush door handle dan aero aluminium wheels, yang membuatnya semakin aerodinamis dengan nilai koefisien drag hanya 0,218.

Konsep interior mengambil tema ‘Family Lounge’. Dilihat dasbor yang sebagian besar minimalis dan kluster instrumen digital yang ditempatkan lebih jauh di atas dasbor. Toyota BZ3 sedikit lebih unik dengan roda kemudi persegi dan sistem infotainment layar sentuh format potret. yang terakhir dipasang pada konsol tengah tinggi yang disebut ‘Digital Island’ yang hanya memiliki pemilih gir rotary dan rem parkir elektrik.

Detail Teknis

Toyota belum memberikan spesifikasi baterai secara rinci, tetapi dikatakan bahwa struktur baterai, pendinginan, dan sistem pemantauan keselamatan yang benar-benar baru dan dirancang khusus untuk EV. Menurut Paultan, Toyota mengklaim bahwa degradasi baterai telah berkurang, dan menjamin 90% kapasitas bahkan setelah 10 tahun penggunaan rata-rata. Mengingat mobil akan dijual di Tiongkok, ia akan menggunakan konektor pengisian GB/T khusus pasar Tiongkok.

Menurut media setempat, Toyota bZ3 akan menggunakan motor listrik TZ200-XS002 yang bersumber dari BYD di gardan depan. Motor listrik tersebut dapat menghasilkan tenaga 245 PS (241 hp atau 180 kW). Sayangnya belum ada figur akselerasi yang bisa diraih dengan mesin tersebut. Tapi, Toyota bZ3 memiliki jangkauan maksimum 600 km dari baterai terisi penuh berdasarkan data dari China Light-Duty Vehicle Test Cycle (CLTC).

Read Prev:
Read Next: