Remaja Prancis Berusia Mulai 14 Tahun Kini Boleh Mengendarai Renault Twizy Secara Legal

Remaja Prancis Berusia Mulai 14 Tahun Kini Boleh Mengendarai Renault Twizy Secara Legal
0  komentar
Renault-Twizy

AutonetMagz.com – Eropa termasuk negara yang ketat soal aturan perizinan berkendara, misalnya SIM dan STNK yang diurus secara detail. Baru-baru ini, Uni Eropa telah sedikit melonggarkan aturannya, terutama untuk Prancis. Aturan baru menyatakan kalau remaja berusia 14 tahun yang sudah mendapatkan sertifikat keamanan jalan sudah diizinkan membawa mobil-mobil kecil yang simpel.

Sebelumnya, batas usia perizinan mengendarai kendaraan seperti itu adalah 16 tahun. Salah satu mobil yang dimaksud sebagai mobil kecil yang simpel adalah Renault Twizy yang digambarkan oleh Renault sebagai alternatif jika malas membeli skuter atau motor, dan bisa jadi simulasi bagi remaja-remaja Prancis untuk mengemudikan mobil sebelum beralih ke mobil yang lebih besar.

renault-twizy-eropa

Kelengkapan standar Twizy yang sudah terjual 15 ribu unit di Eropa sejak 2012 sebenarnya lumayan. Ada airbag, sabuk pengaman ganda depan-belakang, rem cakram dan kerangka pelindung dari tabrakan. Lucunya, Renault menawarkan pintu gunting sebagai opsional bagi Twizy, dan semua panel-panelnya berbahan plastik.

Twizy punya dua pilihan mesin listrik, ada yang bertenaga 5 hp dan ada yang 17 hp. Berapa akselerasi 0-100 km/jam Twizy? Yah, hal itu tidak perlu ditanyakan, soalnya Twizy tidak bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam karena top speed-nya hanya 80 km/jam. Sisi baiknya, Twizy bisa menempuh total jarak 96 km dari kondisi baterai penuh hingga habis.

interior-renault-twizy

Enak ya remaja Prancis, baru usia 14 sudah bisa ikut tes sertifikat untuk mengendarai mobil meski hanya mobil kecil seperti Twizy. Kalau di Indonesia bagaimana? Banyak sih remaja yang bawa mobil, tapi kelayakannya kadang masih dipertanyakan. Betul tidak? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Jiko S.

    Toyota iRoad keduluan ya.

  • EP82

    Asal ga kayak anak rocker terkenal & anak pejabat indonesia itu.

  • zatha rahman

    Anak indo mah 14 tahun bawanya udh civic, jazz, yaris, bahkan ada yg bawa Aston Rapide. Hehe seriuss… Kalah anak prancis sono….

    Tapi skill mengemudinya ga ada…. 😀 😀
    Hahaha…

    • Ridwan Hanif

      jangan pukul rata dong…

  • m15a

    Coba di indo diterapkan kek gini, tp tetep aja harus tes dulu di sekolah mengemudi biar bawanya gak sembrono kyk kasus AQJ dan lainnya :v

  • wowkeren

    ‘Sebagai simulasi mengendarai mobil untuk anak usia 14an’ pilihan kata yang tepat. Daripada si DUL udah bawa mobil sport gila aja.