Supplier Otomotif Pindahkan Operasional Dari China

by  in Berita&International
Supplier Otomotif Pindahkan Operasional Dari China
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak merebaknya virus corona alias covid19, banyak sektor yang terkena dampak secara langsung maupun tidak langsung di kawasan China. Sektor otomotif juga menjadi salah satu sekotr yang terdampak, dimana salah satunya adalah produksi parts ataupun komponen yang dibutuhkan untuk produksi kendaraan bermotor. Nah, karena adanya kondisi ini, pihak supplier otomotif pun mengambil langkah strategis dengan memindahkan operasional dan produksi keluar dari China.

Mengutip informasi via Reuters, sebuah supplier otomotif yang bermarkas di Jiangsu, China telah memindahkan operasionalnya ke Meksiko. Walau tidak disebutkan nama supplier tersebut, namun diketahui supplier ini biasanya menyuplai komponen untuk mobil – mobil Mazda. Pabrik produksi dari supplier ini dipindahkan ke kawasan Guanajuato, Meksiko untuk menghindari kekurangan pasokan untuk para konsumen mereka. Oiya, supplier ini sendiri menyuplai komponen eksterior untuk Mazda3 generasi terbaru dan Mazda CX-30.

Setelah diproduksi di Meksiko, komponen – komponen tersebut akan langsung dikirimkan ke Jepang untuk digunakan oleh pihak Mazda. Sumber menyebutkan bahwa pemindahan lokasi supplier ini membuat Mazda harus menggelontorkan biaya tambahan hingga 5 juta USD, wajar saja karena secara jarak tentu lebih jauh dibandingkan dengan di China. Perwakilan Mazda sendiri menyebutkan bahwa pihaknya terus menilai tindakan pencegahan untuk segera memulihkan dan meminimalkan dampak pada produksi di saat yang sama.

Selain itu, Koito Manufacturing, supplierlighting untuk Toyota, Nissan, dan beberapa merk lain juga sudah menghentikan produksi lampu LED untuk lampu utama dan lampu belakang di pabrik mereka di Hubei, China. Koito juga berencana untuk memindahkan seumlah produksi untuk memenuhi kebutuhan ekspor mereka. Juru bicara resmi Koito menyebutkan bahwa pihaknya memproduksi lampu untuk model mobil yang dijual di Amerika Utara, Jepang dan China. Sedangkan Kasai Kyogo, Supplier interior dan atap dari Honda juga ingin memindahkan produksi mereka dari Wuhan, China.

Pemindahan produksi dari Kasai Kyogo sendiri belum ditetapkan, hanya saja opsinya antara lain ke Amerika Utara, Eropa dan Asia. Jadi, bagaimana pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: