Toyota Etios Valco Tidak Jadi Stop Produksi, Tahun Depan Masih Ada!

by  in Toyota
Toyota Etios Valco Tidak Jadi Stop Produksi, Tahun Depan Masih Ada!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Masih ingat di artikel sebelumnya dimana Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate Toyota Astra Motor mengatakan bahwa Etios Valco akan di stop produksi karena banyaknya varian lain yang bisa menggantikan posisi Etios Valco? Rupanya hal tersebut dibantah oleh Pihak Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Detik, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan bahwa pasar Etios Valco memang mengalami penurunan sebanyak 20%, namun penurunan itu disebabkan tren mobil di kelas city car yang memang mengalami penurunan, sedangkan share penjualan Etios Valco masih tetap bertahan.

Jadi pada tahun 2017 mendatang, Toyota Etios masih tetap akan dijual dan masih di produksi secara CKD di Indonesia, tidak jadi disuntik mati. Etios Valco sendiri merupakan city car yang cukup unik, mengingat desain, fitur dan teknologinya termasuk sederhana dan hanya tersedia dalam transmisi manual. Tapi meskipun tidak ada yang menonjol dari mobil tersebut, Toyota Etios Valco tetap menjadi mobil yang laris di Indonesia. Kok bisa?

Penjualan Toyota Etios Valco mendapatkan peringkat nomor 2 secara berturut-turut di belakang Honda Brio Satya, kemudian di peringkat ketiga dan ke-empat ada Mitsubishi Mirage dan Nissan March. Sepanjang Januari hingga Oktober 2016, Toyota berhasil mengantungi penjualan lebih dari 3.000 unit selama 10 bulan, ini merupakan angka yang sangat baik untuk sebuah city car.

Toyota Etios Facelift 2016 interior

Sedangkan untuk rencana facelift, Toyota belum memiliki tanda-tanda bahwa mobil ini akan mengalami facelift dalam waktu dekat. Di India dan Amerika Selatan, Toyota Etios Valco sudah mengalami facelift yang cukup signifikan di sektor interior. Sedangkan untuk eksterior hanya ubahan-ubahan minor dan tambahan mobil Etios Cross yang dibuat mirip seperti Yaris.

Dengan manisnya penjualan LCGC Toyota yang dibanderol dengan harga terjangkau, sebenarnya kami setuju saja dengan pernyataan Fransiscus Soerjopranoto yang menyatakan bahwa Toyota Etios Valco disuntik mati agar Toyota bisa fokus menjual line up yang lebih potensial seperti Calya dan Agya, toh penjualan Calya dan Agya dalam sebulan memiliki angka yang sama dengan penjualan Etios Valco selama 10 bulan. Sampai kapan Toyota akan mempertahankan Etios Valco pada line up mereka?

Read Prev:
Read Next: