Toyota Raize Laris Manis, Terjual 1.269 Unit Dalam 1 Minggu!

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Toyota Raize Laris Manis, Terjual 1.269 Unit Dalam 1 Minggu!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kehadiran Toyota Raize dan kembarannya, Daihatsu Rocky memang mendapatkan banyak respon positif dari publik Indonesia. Salah satu indikatornya, video Review Toyota Raize AutonetMagz masih bisa bertahan di trending Youtube salama 6 hari berturut – turut. Nah, namun kini kami sudah mendapatkan data riil mengenai betapa positifnya respon publik terhadap SUV kompak ini. Ini dibuktikan dengan tingginya angka SPK yang berhasil dicatatkan Toyota Raize dalam waktu sepekan. Bahkan, angka yang dicapai dalam sepekan ini melebihi 50% dari target penjualan bulanan dari Toyota Raize. Mari kita kupas lebih lanjut.

1.269 SPK, Didominasi Tipe GR Sport

Persis seminggu setelah diluncurkan, yaitu per 6 Mei 2021 kemarin, Toyota Astra Motor (TAM) mencatatkan bahwa ada 1.269 unit SPK yang sudah didapatkan Toyota Raize. Angka ini impresif, apalagi di tengah lesunya industri otomotif karena pandemi. Oiya, angka ini sekitar 63,45% dari total target bulanan Toyota Raize yang ada di angka 2.000 unit per bulannya. “Kami bersyukur Toyota Raize mendapat respon positif dari customer yang terlihat dari angka SPK yang cukup baik walaupun baru diluncurkan satu pekan yang lalu. Terima kasih atas atensi dan antuasiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia terhadap Toyota Raize,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor. Dominasi penjualan Toyota Raize sendiri masih ada di pulau Jawa, dimana 3 kontributor terbesar SPK Raize berasal dari DKI Jakarta sebesar 24%, Jawa Barat 19%, dan diikuti Jawa Timur 11%. Oiya, pihak Toyota juga menggelar regional launch untuk SUV ini di kota Semarang, Medan, Palembang, Surabaya, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan lain-lain.

Nah, dari 1.269 unit pemesanan, kami akan menjabarkan sebaran SPK berdasarkan trim atau tipe di Toyota Raize. Type 1.0T GR Sport CVT membukukan SPK terbesar dengan total komposisi sebesar 43% dan 1.0T GR Sport CVT TSS alias tipe tertinggi mendominasi dengan angka 40%. Perpaduan ini menjadikan varian GR Sport memiliki komposisi yang cukup besar di SPK Toyota Raize, yaitu 83%. Sementara itu, kontributor pada perolehan SPK Toyota Raize lainnya adalah 11% untuk tipe 1.0T G CVT, dan 5% untuk tipe 1.0T G M/T. Bahkan varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T yang baru akan hadir di semester ke-2 tahun ini pun sudah dipesan, dan berhasil membukukan angka SPK sebesar 1%. Ini menjadi menarik, karena ternyata ada SPK dari unit bermesin 1.200cc WA-VE bahkan saat unit ini belum dirilis resmi di Indonesia. Angka – angka yang tercantum di atas menjadi bukti nyata bahwa Toyota Raize berpotensi menjadi primadona baru dari kubu TAM. Menarik untuk menantikan berapa SPK dari kembarannya, Daihatsu Rocky.

Lengkapi Segmen SUV Toyota

Melalui Toyota Raize, kami berkomitmen untuk memberikan pilihan yang lebih lengkap di segmen SUV kepada pelanggan dan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas yang beragam dari masing-masing orang, termasuk bagi kalangan yang berjiwa muda yang aktif bekerja setiap hari maupun beraktivitas yang bertujuan untuk aktualisasi diri di akhir pekan,” ujar Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor. Sedikit refresh, Toyota Raize di Indonesia hadir dengan menggunakan 2 opsi mesin, yaitu 1.000cc 3 silinder 1KR-VET Turbo dan 1.200cc 3 silinder WA-VE. Untuk tenaga, versi turbo menghasilkan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada rentang 2.400 dan 4.000 rpm. Sedangkan mesin 1.200cc n/a miliknya memiliki tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 112 Nm pada 4.500 rpm. Harga Toyota Raize dimulai dari 219,9 juta untuk tipe 1.000cc G Manual. Sedangkan versi CVT dibanderol 233,1 juta Rupiah. Tipe GR Sport CVT dilepas dengan banderol 244,7 jutaan Rupiah. Sedangkan tipe tertinggi yaitu GR Sport TSS CVT dibanderol 263,7 jutaan Rupiah.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian?

Read Prev:
Read Next: