Toyota Prius 2019 : Wajah Baru & Penggerak AWD Opsional

Toyota Prius 2019 : Wajah Baru & Penggerak AWD Opsional
0  komentar

AutonetMagz.com – Gosip mengenai kehadiran versi terbaru dari Toyota Prius  di LA Auto Show 2018 ternyata menemui kenyataan. Toyota Prius MY 2019 telah resmi diperkenalkan, dan sesuai dengan prediksi – prediksi sebelumnya, Toyota Prius 2019 mendapatkan ubahan yang signifikan pada wajah depannya, dan juga adanya opsi untuk varian berpenggerak AWD. Langkah ini sendiri diambil untuk merespon mulai berkurnagnya angka penjualan dari Toyota Prius di Amerika Serikat. Lalu, apa saja yang berubah dari Toyota Prius 2019 ini? Yuk kita bahas.

Jika kita bicara perihal eksterior, sejatinya ubahan dari Toyota Prius cukup terasa di sisi depan. Wajahnya yang agak wagu dan mirip Pikachu di model tahun 2016 kemarin kini sudah terlihat lebih ‘normal’ Lampu depannya dikoreksi dengan membuang bagian lampu yang turun ke bawah, menyisakan lampu sisi atas saja yang lebih memanjang dan tentu saja jauh lebih cakep daripada versi sebelumnya. Bumper pun akhirnya turut berubah dengan adanya ubahan pada lampunya ini, dan kali ini Toyota Prius 2019 mendapatkan lampu kabut kecil di bumpernya. Grille-nya sendiri masih mirip dengan versi lawas, hanya saja ada ubahan sedikit sehingga senada dengan grille ala Toyota jaman now. Untuk kap mesin juga mengikuti perubahan pada bentuk lampunya.

Pindah ke samping, bagian ini agak minim ubahan. Yang kentara berubah adalah bentuk velg baru, sisanya masih tak berubah dari versi lawas. Sedangkan sisi belakangnya juga turut berubah dengan cukup signifikan. Jikalau dahulu lampu belakangnya memanjang secara vertikal ke bawah, dan terlihat seperti sedang ‘menangis’ seperti milik Pajero Sport, maka kini lampu tersebut sudah diganti. Lampu belakangnya kini justru menyamung ke arah pintu bagasi. Secara bentuk, lampu belakangnya juga lebih cakep dibandingkan dengan pendahulunya. Bumper belakang pun mengikuti perubahan lampu belakangnya, kini bumpernya lebih minimalis dengan 4 titik sensor parkir, reflektor belakang di ujung, dan plastik hitam di tengahnya. Overall, secara desain jauh lebih bisa diterima masyarakat.

Masuk ke sisi interior, yang langsung kentara ubahannya adalah bentuk layar dari sistem infotainment-nya. Jikalau di versi lawas masih berasa normal dan konvensional, kini Toyota Prius 2019 malah mendapatkan layar segede gaban dengan posisi layar vertikal. Hmmm, kok berasa mobil China ya? Ah, mungkin perasaan saja. Yang jelas, ubahan pada layar sistem infotainment-nya ini berakibat pada posisi kisi AC yang awalnya ada di atas layar harus berpindah ke sisi kanan dan kiri dari layar. Selain itu, berhubung proporsi lain di dashboard tidak berubah, dan layar bertambah ukuran, maka kontroler dari AC yang bentuknya tak berubah itu harus sedikit turun ke bawah. Skema warna di Toyota Prius 2019 juga cenderung gelap, berbeda dengan penggunaan warna putih di varian lawasnya.

Oiya, Ubahan paling signifikan diluar urusan desain ada pada sistem geraknya. Kini, Toyota Prius menggunakan sistem gerak electric AWD dengan menambah motor elektrik untuk menggerakkan roda belakang dengan kecepatan hingga 69 km/jam. Motor elektrik ini menggunakan baterai Nickel-Metal Hydride baru yang didesain untuk bekerja maksimal di cuaca dingin. Baterai ini diposisikan di bawah kursi belakang, sehingga tak mengganggu kapasitas bagasinya. Mobil ini juga mendapatkan Toyota Safety Sense P suite yang meliputi pre-collision system with pedestrian detection, lane departure alert with steering assist, automatic high beam headlights dan full-speed range dynamic radar cruise control. Jadi, bagaimana menurut kalian mobil ini? refine-kah?

Read Prev:
Read Next: