GIIAS 2017 : Toyota Voxy Sudah Diperkenalkan, Harganya 446 Juta

GIIAS 2017 : Toyota Voxy Sudah Diperkenalkan, Harganya 446 Juta
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota di GIIAS 2017 sebenarnya punya banyak mobil baru, tapi dari banyak mobil baru itu, sebenarnya kebanyakan hanya mobil yang sudah ada lalu ditambah aksesori ini-itu dan dipaksa jadi “mobil baru”. Contohnya banyak, ada Toyota Avanza Limited Edition, Toyota Sienta Limited Edition, Toyota Vios Special Edition dan Toyota Corolla Altis Special Edition. Untuk Fortuner, kami apresiasi upgradenya, akhirnya pakai rem cakram juga di semua roda.

Karena Toyota C-HR baru preview dan Toyota Prius punya probabilitas kecil untuk dijual resmi di Indonesia, ayo kita fokus ke MPV roti tawar “mevvah” baru mereka, Toyota Voxy. Tidak seperti mobil-mobil yang sudah disebutkan di awal, ini benar-benar baru pertama kali Toyota menjual Voxy secara resmi. Ya, soalnya dulu Voxy dan Noah adalah barang dagangan IU, sementara Toyota Astra Motor waktu itu punya Previa sebagai MPV termahal yang mereka jual.

Eksterior Toyota Voxy kelihatan mampu memadukan kesan mewah dan sporty dalam bentuk MPV roti tawar yang bentuk dasarnya adalah kotak. Meski di eksterior terdapat lumayan banyak chrome, tapi penampilannya sama sekali tidak senorak Toyota Kijang Innova Ventuchrome… Eh, Venturer yang harganya beda tipis dengan Voxy ini. Makin tidak ada alasan untuk memilih Chrometurer… Eh, Ventuchrome setelah melihat Voxy. It’s a Baby Vellfire, ladies and gentlemen!

Membuka pintu Toyota Voxy, aura kabinnya juga masih terasa mewah. Desain dashboard asimetrisnya tidak terlalu nyentrik macam Sienta, kesannya elegan. Jahit-jahitannya asli, dan memang masih ada sedikit bahan plastik di area yang masih kelihatan mata, tapi bahan soft touch dan kulit lumayan dominan. Sayang, jok yang belum elektrik setir sebelah kanan yang punya slot tombol kosong sedikit menodai kemewahannya.

Untungnya, hanya sedikit, sebab kesan mewah Toyota Voxy terangkat drastis lagi berkat hadirnya dua buah sunroof, ukuran kecil di depan dan ukuran besar di tengah. Ini merupakan godaan yang menarik, sebab meski belum tentu sering dipakai, dual sunroof ini adalah pertama di kelasnya. Fitur-fitur lain termasuk smart entry, start/stop button, all auto power window di keempat jendela, ECO mode, armrest buat kedua jok terdepan, MID full color dan cruise control.

Jok baris kedua punya pergerakan yang banyak. Bisa reclining hingga sangat rebah (hampir 180 derajat) serta bisa digeser maju-mundur atau kiri-kanan. Modelnya captain seat, jadi tidak bisa digabung untuk diduduki 3 orang, tapi memang jok ini kelihatan lebih mewah. Jok belakangnya mirip Toyota Kijang Innova, dengan dudukan headrest tengah terpasang di satu sisi dan pelipatan jok diangkat ke samping.

Mesin Toyota Voxy adalah mesin  3ZR-FAE 2.000 cc 4 silinder dengan teknologi Valvematic, sama seperti Toyota NAV1. Tenaganya 158 PS di 6.200 rpm, sementara torsinya 196 Nm di 1956 rpm. Memakai penggerak roda depan seperti MPV lainnya di kelas ini, Toyota Voxy memakai girboks otomatis CVT 7 percepatan. Harga Toyota Voxy saat diumumkan di GIIAS 2017 adalah 446juta Rupiah on the road Jakarta.

Dengan segala perubahannya dibandingkan dengan saudaranya yang gagal di Indonesia, mampukah kedepannya Toyota Voxy alias baby Vellfire ini menghadapi Nissan Serena, Mazda Biante, dan juga Mitsubishi Delica??? Kita lihat saja nanti. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: