Toyota Lakukan Recall Untuk bZ4x, Ada Masalah pada Combination Meter Cluster

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Toyota Lakukan Recall Untuk bZ4x, Ada Masalah pada Combination Meter Cluster
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun produknya masih terbilang baru, namun bukan berarti tak luput dari kesalahan pabrikan. Nah, PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan recall bZ4x dengan waktu produksi Maret 2022 – Juni 2023. Bagi anda yang memiliki mobil tersebut bisa segera ke bengkel resmi Toyota terdekat untuk melakukan pemeriksaan. Akan dilakukan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan tampilan seluruh informasi penting kendaraan pada Combination Meter.

Apa Masalahnya?

Sebagai informasi, Toyota bZ4X dilengkapi dengan Combination Meter System yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU). Berbagai informasi penting yang berkaitan dengan mobil ditampilkan dalam Multi Information Display (MID) dan dikirimkan ke Data Communication Module (DCM). DCM berkomunikasi dengan ECU pada Combination Meter untuk memeriksa status mobil dalam jangka waktu tertentu setelah kunci kontak dimatikan.

Jika komunikasi antara DCM dan ECU terjadi pada saat ECU menjalankan proses tertentu, ada kemungkinan ECU tidak menyelesaikan suatu proses. Ketika situasi ini terjadi, tampilan MID akan menjadi blank atau kosong saat mobil dihidupkan kembali, yang selanjutnya tidak akan menampilkan tanda atau indikator tertentu.

Karena ECU juga berinteraksi dengan fungsi lain seperti lampu penunjuk arah, lampu isyarat peringatan bahaya (hazard), dan Pre-Collision System (fitur dari Toyota Safety Sense 3.0), maka fungsi tersebut akan dinonaktifkan. Akibatnya, mobil menjadi tidak memenuhi persyaratan tertentu terkait safety. Jika mobil dipaksakan berjalan tanpa fungsi-fungsi ini, dapat meningkatkan risiko kecelakaan pada kondisi berkendara tertentu.

Sekaligus Ada Improvement

Proses reprogramming (software update) untuk memperbarui sistem dan mengatasi potensi malfungsi. PT TAM juga sekaligus melakukan improvement berupa penambahan fitur pada tampilan Combination Meter Toyota bZ4X. Setelah pembaruan, layar informasi tersebut dapat memperlihatkan konsumsi energi pada baterai.

Estimasi waktu pengerjaan berlangsung sekitar maksimal 2 jam, tanpa ada penggantian parts apapun. Seluruh proses pemeriksaan hingga final check tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Bagi Anda yang memiliki mobil tersebut, disarankan untuk melakukan booking service. Sehingga, pihak dealer dapat mempersiapkan stall dan teknisi dan anda tidak perlu menunggu terlalu lama.

Read Prev:
Read Next: