TSS & EPB Bermasalah, All New Toyota Voxy Di Jepang Direcall

by  in  Berita & Merek Mobil & Recall
TSS & EPB Bermasalah, All New Toyota Voxy Di Jepang Direcall
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun pangsa pasar mobil MPV berbody kotak tidak besar, namun penerimaan publik terhadapn All New Toyota Voxy terbilang cukup positif. Baik di Indonesia, apalagi di Jepang. Namun, baru – baru ini muncul sejumlah masalah di MPV yang menggunakan basis TNGA-C itu. Dan masalah ini membuat puluhan ribu unit mobil Toyota, termasuk All New Toyota Voxy dan Noah harus direcall. Lantas, apa masalah yang muncul? Yuk kita bahas.

LTA Tak Optimal, EPB Delay

Jadi, baru – baru ini Toyota Motor Jepang mengumumkan adanya kampanye recall untuk sejumlah model. Unit yang terdampak adalah All New Toyota Noah dan Voxy, Toyota bZ4x dan Subaru Solterra, serta All New Lexus NX series yang menlingkupi Lexus NX250, Lexus NX350, Lexus NX350h, Lexus NX450h+. Nah, total unit yang terdampak adalah 60.258 unit yang terdiri dari 8 model yang kami sebutkan di atas. Lantas, masalah apa yang ditemui di 8 model ini? Ada 3 masalah utama yang muncul. Pertama, terkait dengan salah satu fitur di dalam paket Toyota Safety Sense (TSS) yaitu Lane Tracing Assist alias LTA. FYI, LTA sendiri bertugas untuk menjaga mobil tetap berada di dalam jalur sesuai marka jalan.

Nah, LTA di 8 model ini nyatanya tidak mampu memberikan koreksi setir yang sesuai dengan kondisi jalan, sehingga mobil tidak berada di sisi tengah dari jalur tersebut. Sebenarnya, worst case jikalau jalan berbelok dan mobil melewati marka, akan ada warning sehingga pengemudi akan aware dan mengambil alih kemudi. Tapi, tetap saja masalah ini harus diperbaiki. Problem kedua adalah head unit yang tiba – tiba mati saat sedang berada di mode navigasi. Setelah itu, panoramic view akan tiba – tiba muncul sesaat setelah head unit kembali hidup. Masalah ketiga dan terakhir muncul dari electronic parking brake alias EPB. Dimana EPB pada mobil yang bermasalah tidak dapat berfungsi normal dan ada delay hingga rem parking beroperasi sepenuhnya.

Unit Terdampak Beragam

Untuk unit yang terdampak sendiri cukup beragam. Berhubung All New Toyota Voxy dijual di Indonesia, kami akan bahas khusus untuk mobil ini. Unit yang bermasalah dengan 3 problem di atas adalah unit rakitan Desember 2021 hingga Juni 2022. Namun ada juga unit yang hanya bermasalah di masalah pertama dan kedua, pertama dan ketiga, maupun kedua dan ketiga, ataupun unit yang bermasalah dengan salah satu dari ketiga problem di atas. Pertanyaan pentingnya, apakah All New Toyota Voxy di Indonesia juga terdampak? Kami masih memastikan hal ini pada pihak Toyota Astra Motor (TAM). Apalagi unit All New Toyota Voxy di Indonesia juga menggunakan TSS dengan LTA dan juga EPB yang tentunya sama dengan versi Jepang.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: