Toyota Avanza dan Vios Dapat Teknologi e-Smart Hybrid? Yaris Gimana?

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Toyota Avanza dan Vios Dapat Teknologi e-Smart Hybrid? Yaris Gimana?
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Toyota Avanza memang sedang hangat diperbincangkan dalam beberapa bulan terakhir. LMPV yang akan segera berusia 2 dekade ini akan mendapatkan ubahan yang sangat masif di bulan November mendatang. Nah, seiring dengan berjalannya waktu ke hari H tersebut, sejumlah informasi lain pun mulai muncul ke permukaan. Termasuk peluang Toyota Avanza terbaru untuk mendapatkan teknologi hybrid terbaru yang diberi nama e-Smart Hybrid. Mari kita ulas lebih lanjut.

Avanza & Vios Dapat Hybrid Berkat DNGA

Sebenarnya, isu mengenai Toyota Avanza Hybrid sudah beredar cukup lama, hampir sama lamanya dengan isu Mitsubishi Xpander Hybrid. Wajar saja, karena Indonesia juga baru saja menerapkan skema baru PPnBM yang mana memberikan keuntungan pada mobil – mobil elektrifikasi, termasuk hybrid walaupun tidak semasif BEV. Nah, isu ini menjadi makin hangat sejak Daihatsu memperkenalkan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid pada awal bulan ini. Lantas, apa sangkut pautnya dengan Toyota Avanza? Jelas ada. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi terbaru akan berubah drastis di bulan November mendatang. Bukan hanya tampang dan fiturnya saja, melainkan juga platform yang digunakan. Duet LMPV ini akan meninggalkan platform semi monokoknya yang menggunakan penggerak roda belakang dan menggunakan platform DNGA dengan sistem gerak roda depan. Artinya, platform yang digunakan mobil ini akan cukup identik dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang sama – sama masuk keluarga DNGA. Logikanya, jikalau teknologi e-Smart Hybrid bisa diaplikasikan di Daihatsu Rocky, maka Avanza dan Xenia pun bisa.

Malahan, kabar yang berkembang bukan hanya menyebut nama Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia saja, melainkan juga Toyota Vios. Nah, untuk Toyota Vios sendiri kami rasa agak spesial, karena generasi yang dijual saat ini masih menggunakan platform milik Toyota dan diproduksi di pabrik Toyota. Beda cerita jikalau nantinya Toyota Vios juga menggunakan DNGA, dan diproduksi oleh Daihatsu. Dengan kondisi tersebut, maka nasib Vios pun akan sama dengan Avanza dan Xenia. Sebenarnya, beberapa waktu terakhir juga beredar kabar bahwa Toyota Vios akan diproduksi oleh Daihatsu dengan basis DNGA. Sebagai gambaran, Daihatsu juga sudah sempat memamerkan sedan mungil mereka dalam bentuk mobil konsep yaitu Daihatsu DN-F Sedan beberapa tahun silam. Jujur saja, Daihatsu DN-F Sedan memiliki bentuk yang cakep untuk sebuah sedan. Dan kalau kita perhatikan, 2 dari 5 mobil konsep dengan nama depan ‘DN’ sudah terealisasi. Mulai dari Daihatsu DN-Trec yang menjadi Raize dan Rocky, serta Daihatsu DN-Multisix yang akan segera menjadi Avanza dan Xenia. Tinggal Daihatsu DN-F Sedan, DN Compagno, dan DN ProCargo. Jikalau nantinya Toyota Vios akan berbasis DNGA dan akan diberi teknologi hybrid, maka apa kabar dengan Toyota Yaris?

Yaris XP210 Diboyong ke Indonesia?

Yap, nama Yaris dan Vios memang sangat susah dipisahkan karena telah puluhan tahun berada di Indonesia secara berdampingan. Dan jujur saja, nama Toyota Yaris XP150 (dari generasi Yaris Lele sampai sekarang) sudah cukup berumur. Kalau mau dihitung, usia generasi Yaris sekarang sudah 7 tahun dan selama ini telah 3 kali disegarkan. Dengan hadirnya Honda City hatchback, maka jelas Toyota juga harus segera memperbaharui jagoan mereka. Sebenanrya, kami mendengar kabar bahwa Toyota Yaris XP210 berpeluang diboyong ke Indonesia. Hanya saja, ada beberapa tantangan yang menurut kami harus dipertimbangkan. Salah satu yang krusial adalah ruang. Yap, Toyota Yaris XP210 lebih mungil dari XP150, yang membuatnya bisa dikatakan 11 12 dengan Mazda2 dan kalah telak dibandingkan Honda City hatchback & Suzuki Baleno. Namun, di sisi lain, ada sebuah keuntungan lain yang menarik dari Yaris XP 210 yaitu teknologi hybrid. Yap, Toyota Yaris XP210 telah memiliki teknologi tersebut, dan menjadi menarik karena Toyota adalah raja di segmen hybrid di Indonesia. Selain itu, kalau Vios diproduksi Daihatsu, maka Toyota Astra Motor (TAM) hanya perlu fokus memproduksi Yaris saja kan?

Jadi, kita tunggu saja apa kejutan – kejutan dari Toyota di Indonesia. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: