Toyota : Kami Ingin Divisi Performance Untuk Saingi BMW M dan Mercedes AMG

Toyota : Kami Ingin Divisi Performance Untuk Saingi BMW M dan Mercedes AMG
0  komentar
Toyota-FT1

AutonetMagz.com – Di sela-sela penampilan 86 Shooting Brake Concept, Tetsuya Tada selaku bos proyek Toyota 86 akui Toyota sekarang sedang minim model-model yang menarik. Catat, menarik, bukan hanya sekedar fun to drive. Hari-hari di mana Toyota terkenal dengan Celica GT4, Supra, MR2, MR-S, Starlet GT Turbo, Corolla Twincam GT, Trueno dan mobil-mobil kencang lain sudah lama kandas. Sekarang, mobil menarik yang mereka punya hanya 86 saja.

Jelas ini amat kontradiktif dengan visi Akio Toyoda yang ingin membuat mobil-mobil Toyota kembali menarik untuk kaum muda yang suka mengemudi. Slogan Toyota di Jepang saja sekarang jadi,”Fun to Drive, Again”, maka mobil-mobilnya harus mendukung slogan itu. Selain 86, untuk ke depannya Toyota akan menjual S-FR, mobil sport kecil reinkarnasi Toyota Sports 800. Selain itu, Toyota sedang mengembangkan Supra baru, memakai basis konsep Toyota FT-1 dan dibantu BMW.

toyota-SFR-rear-quarter

Namun ternyata itu semua belum cukup memuaskan bagi Toyota. Tetsuya Tada mengungkapkan kalau ia ingin Toyota punya divisi khusus yang bertugas membuat mobil-mobil Toyota menjadi lebih kencang. “BMW punya M, Mercedes punya AMG, Audi punya Quattro GmbH, jadi mereka punya divisi khusus mobil kencang, tapi Toyota tidak. Jadi saya ingin sekali punya mobil-mobil kencang buatan divisi khusus dari Toyota, seperti BMW M misalnya,” ucapnya.

Kemungkinan, Tetsuya Tada akan mengompori Gazoo Racing untuk membantu mewujudkan hal ini. “BMW dan M, atau Audi dan Quattro GmbH awalnya juga bukan merupakan satu kesatuan, mereka dulu terpisah, seperti Toyota dan Gazoo Racing. Seiring waktu dan segala usaha mereka, akhirnya sekarang mereka bersatu. Jadi, saya harap Toyota terus membuat mobil-mobil menarik, dan pada akhirnya bisa membuat Toyota dan Gazoo berada dalam satu kesatuan,” katanya.

Toyota-Mark-X-GRMN-Depan

Saat ini, Toyota dan Gazoo punya banyak kemitraan di berbagai ajang balap. Mulai dari WRC, Super GT, WEC bahkan Nascar, semuanya ada. Harapannya, jika Gazoo dan Toyota bisa membuat mobil yang menarik, reputasi Toyota sebagai merek yang hanya bisa membuat mobil biasa yang membosankan dan rata-rata perlahan-lahan bisa hilang.”Yang penting terus berusaha, jangan menyerah,” kata Tetsuya.

Ehem, Tetsuya-sama, jika memang demikian sih bagus, tapi ada yang ingin saya tanyakan sih. Pertama, kenapa tidak pakai TRD saja? Kan namanya sudah jelas, Toyota Racing Development. Kenapa tidak pakai kapabilitas TRD untuk membuat mobil-mobil kencang berlogo Toyota? Semoga bukan karena varian TRD Sportip.. Salah, TRD Sportivo yang belakangan ini hanya menambah body kit, aksesoris dan lain-lain namun tidak pernah mau menyentuh mesin. Contohnya? Ah, banyak kok di jalanan.

lexus-rc-f

Kedua, kan kalian punya Lexus F. Toyota sudah memasang Lexus sebagai merek premium Jepang, malah sudah punya divisi mobil kencang berlabel F. Sekarang mobil-mobilnya ada RC-F dan GS-F, itu juga bisa diseriusi untuk melawan BMW M, Mercedes AMG dan lain-lain. Reputasi Lexus pun masih bagus ketimbang Acura dan Infiniti. Tapi ya sudahlah, gagasan untuk punya divisi kencang dari Toyota itu bagus kok, sekalian biar tidak malu sama Honda yang sudah menggeliatkan divisi performanya kembali dengan meluncurkan Civic Type R Turbo FK2.

Apa opinimu jika Toyota serius membuat model menarik yang kencang, bukan hanya tempelan aksesoris tanpa ubahan mesin? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Levi

    1. Kenapa Toyota gak pake nama Lexus aja ? Kan udah punya Lexus-F ?

    Jawaban : Kan ini rencananya biar Toyota naik reputasinya, bukan hanya bikin mobil yg cocok utk kerja, sehari-hari ama keluarga jg, tp fun to drivenya jg ada

    2. Kenapa gak pakai TRD aja ?

    Jawaban : Biar kagak kecampur-campur ntar ama TRD Sportipu ?

    Bagus bgt lah kalo Toyota arahnya kesitu, siapa tau ntar bakal ada model kencengnya Toyota dalam waktu dekat,

    Siapa yg setuju kalo ntar kita bakal punya Corolla Altis GT, Yaris Turbo atau Agya 1.200 GT Sport ?

    • Always35

      Ane bantu doa deh biar tobatnya toyota makin barokah wkwkwk ?

      • ONRYK

        amiin……ane bantu doa aja

    • Arief

      Lagi salah sendiri kenapa nama TRD nya dipake buat varian yg cuma nambah body kit doang. Apalagi sampe ke macem ayla yg ada trim TRD “S” segala
      Terlalu aji mumpung Toyota, liat varian ditempelin TRD laku keras jadi semuanya dibikin TRD Sportipu, ga mikir efeknya gmn. Alhasil ya rusaklah itu citranya TRD.
      Ga cuma disini sih, di US varian truk tundra tacoma 4runner TRD Pro jg cuma ganti suspensi sm bumper tok. Mungkin emang sekarang strateginya Toyota buat TRD begini kali, cuma ubahan minor doang

      Ga kaya versi M ato AMG yg emang bener2 versi kencengnya, ganti mesin, suspensi dll.

    • ekkyfir

      Setuju, tinggal meng amini saja

  • dsport

    Itu kayanya salah tulis deh fr-s nya, yg baru itu kan sf-r

  • Nakazato Kira

    Mungkin tidak pakai merek TRD karena memang TRD merupakan divisi khusus balap, walau memang pernah membuat mobil versi jalan raya, sekaligus mencegah kebingunan publik antara TRD murni dengan TRD Sportivo karena ada kemungkinan publik bisa menyangka versi TRD murni TRD Sportivo, walau memang TRD Sportivo mungkin bisa ditempatkan sebagai dress-up variant layaknya M Sport, S-Line, atau AMG Sport, atau boleh dibilang TRD “Banci”.

    Kenapa tidak pakai Lexus F? Wajar saja walaupin satu grup, mereka bekerja terpisah, dan punya segmentasi tersendiri. Jika seandainya Toyota mendompleng nama F, rasanya agak aneh sebuah divisi performace mengurus dua merek berbeda (walau masih satu grup) dan citranya mungkin bisa jatuh.

    Jadi memang lebih tepat kalau bisa melobi Gazoo, karena mungkin nama TRD udah ” dinodai” ama TRD “banci” dan mereka ga mau mengacak-acak Lexus F.

    • farid

      divisi F khusus untuk performance divisionnya lexus,karena untuk merek premium divisi F ini bersaing dgn performance division merek premium lain seperti M divisionnya BMW,AMG nya mercy dan S/RS series nya audi.toyota sendiri gak sama dgn lexus,karena toyota adalah brand mainstream yg mencakup seluruh segmen mobil baik yg murah maupun yg mahal,kalau lexus itu brand premium yg main di segmen atas,tapi jika toyota meracik mobil kencang dari performance divisionnya sendiri yg beneran sport bukan “sportipu” bisa kok selevel dgn mobil racikan performance divisionnya merek premium

    • farid

      divisi F khusus untuk performance divisionnya lexus,karena untuk merek premium divisi F ini bersaing dgn performance division merek premium lain seperti M divisionnya BMW,AMG nya mercy dan S/RS series nya audi. toyota sendiri gak sama dgn lexus,karena toyota adalah brand mainstream yg mencakup seluruh segmen mobil baik yg murah maupun yg mahal,kalau lexus itu brand premium yg main di segmen atas,tapi jika toyota meracik mobil kencang dari performance divisionnya sendiri yg beneran sport bukan sportipu bisa kok selevel dgn mobil racikan performance divisionnya merek premium

      • Nakazato Kira

        Ya karena itu, karena segmentasinya beda :p

        Tapi tidak ada salah Toyota bisa belajar dari Lexus F gimana cara membuat performance yang seharusnya.

  • Jeem

    FRS mah bukannya kembarannya 86 ya? Mungkin maksudnya SFR?

  • zul ari

    Semoga slogan fun to drive again toyota jepang bisa terasa sampai indonesia….siapa tau besok toyota buat toyota avanza Gazoo pake mesin turbo khusus pasar IDM ?

    • Levi

      Yg ditunggu” itu Altis GT S pake mesin 1.5cc Turbo ?

      • Ilham

        Kecil amat 1.5 cc gan ?

        • Levi

          Tp turbo gan ?

  • ekkyfir

    Bagus deh semua pabrikan kembali ke jalan yg benar wkakaka, untuk pake nama TRD ga setuju, karena TRD embel2 sudah banyak beredar di jalanan, jd biar eksklusif gt pake gazoo aja wkakak

  • Farhan Naufal Maulana

    ane lebih suka mobil yang kenceng2 dipasang turbo sama dilabeli nama TRD beneran. 86 TRD, Yaris TRD atau Altis TRD

  • netrall

    Brarti pabrik jepang terkencang nissan dan mitsu? Gtr and lancer? Sapa yg g kenal 2 mobil legendaris. Celica keren cmn kagag ad followupnya jdi hgnya anjrut2an disini.

  • nusantara nusantara

    Imho
    dulu ada corola GTi, kenapa diilangin, bangkitin lagi, yg potensi menurut ane sekarang buat GTI, ada corolla & FT 86, untuk TRD bikin khusus klo balap aj, ini toyota aneh, yg dipikirin jaringan servis aj, padahal fanatisme dan ekslusivitas produk juga penting, liat ahon ada type R & subaru ada STI,

    klo lexus mau bikin emblem kenceng, harus buat divisi baru lah

  • Ars

    Iaa, TRD lebih cocok dibilang Toyota “Ricer” Development. Soalnya cuma bisa nambahin sticker sama bodykit doang mentok2 cuma shockbreaker.. mending bikin divisi baru yang lebih credibel untuk ngurus mobil versi kenceng bukan “keliatan” kenceng doang.

    • heresjohnny

      Ini khusus buat trd sportivo ya, bukan trd beneran :v

  • Ananda Ramadhan

    ane nunggu aja dah agya vg turbo ato avanza 6.3 v8 kalo ga 6.5 v12 biturbo:v biar kenceng,nyalip yg lain gampang:v

  • khamelion

    ada lagi divisi tmg (toyota motorsport gmbh) tpi itu khusus eropa aja