Toyota Innova Crysta Mengambil Tahta MPV Terlaris Di India

by  in International&Toyota
Toyota Innova Crysta Mengambil Tahta MPV Terlaris Di India
0  komentar

AutonetMagz.com –Toyota Kijang Innova sebagai salah satu bagian dari mobil keluarga legendaris di Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu MPV sukses di pasarannya. Meski begitu mobil ini sudah lepas dari predikat mobil terlaris ataupun sejuta umat karena tahtanya kini berpindah pada sang adik Toyota Avanza. Namun lain halnya di India, Toyota Kirloskar Motor (TKM), ATPM Toyota India berhasil membuat Toyota Innova Crysta menjadi MPV terlaris di India.

Berdasarkan data yang dilansir oleh ET Auto, TKM sendiri telah menjual sebanyak 7.295 unit dari Toyota Innova Crysta pada bulan Mei 2016 ini. Perolehan angka ini sangat tinggi, bahkan pertumbuhannya mencapai 44 persen dibandingkan penjualan Innova pada bulan Mei 2015. Perbandingan ini akan menjadi semakin signifikan tatkala kita membandingkan penjualan Innova dari bulan ke bulan berdasarkan Mei kemarin.

wallpaper all new toyota kijang innova

Semisal pada bulan April 2016, TKM masih menjual Toyota Innova generasi lama sebanyak 4.269 unit, namun setelah kemunculan Toyota Innova Crysta di bulan Mei 2016 sebanyak 7.295 unit maka pertumbuhan penjualannya naik sebanyak 70 persen. Hal ini otomatis membuat Toyota Kijang Innova dapat merebut tahta sebagai MPV terlaris di India dengan memukul balik Maruti Suzuki Ertiga.

Hingga sekarang TKM sendiri memperoleh order booking Toyota Innova Crysta sebanyak 20.000 unit. TKM sendiri menjual beberapa unit Innova Crysta mulai dari varian tertinggi seperti Toyota Innova Crysta 2.8 ZX AT bermesin 2.8-liter GD turbodiesel yang dihargai INR 20.78 Lakh alias Rp.412 juta sampai varian terendah Toyota Innova Crysta 2.4 MT yang dihargai 13.84 Lakh atau setara Rp.274 juta. Meski harga Innova Crysta mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan Innova lama namun varian terlaris justru datang dari versi teratas Toyota Innova Crysta 2.8 ZX AT.

all new toyota kijang innova side

Meski begitu tetap ada penurunan market dikarenakan peraturan terbaru pemerintah India tentang larangan penjualan mobil bermesin diesel dengan kapasitas mesin diatas 2000 cc di daerah Delhi NCR. Kota ini menjadi salah satu magnet penjualan TKM di India sehingga perusahaan tersebut kehilangan 7 persen penjualan Innova dan Fortuner akibat peraturan tersebut. Sebagai solusi TKM mencoba menghadirkan Innova Crysta bermesin bensin 2.7-liter VVT-i. Memang ya di negara manapun, brand ini selalu diminati bak kacang goreng. Bagaimana menurut anda?

Read Prev:
Read Next:
  • hawthorn

    itu innova CC-nya gede-gede banget, diesel sampe 2.800 CC, bensin sampe 2.700 CC (walaupun di Indo pernah ada innova yg 2.700 CC, tapi umurnya gak lama)

    • Always35

      Innova yg 2TR keluarnya enggak lama, sekarang tuh mobil udah jadi rare item, beruntunglah yg pake innova 2700cc, karena yg banyak berkeliaran di jalan yang versi 1TR atau 2000cc

      • Anggìta Wira Tama

        Rare Item :V

        • Always35

          Jelaaaasss wkwwk innova 2.7 udah jadi “queen of garage” tuh ?

    • Thomas Bondan Tyas

      Di Indonesia nggak perlulah pake cc yg gede-gede. Boros & mahal. Lagian kota besar disini macetnya minta ampun

  • Levi

    Gila, Innova bs mukul mundur Ertiga, padahal scr pricingnya beda jauh ?

    • Indra

      Di India si Innova ini udah lama jd MPV no.1 di India, walau harganya makin mahal dibanding Ertiga dan Mobilio,serta lawannya yg merek lokal kayak Mahindra xylo, Innova tetep ga ada lawannya karena udah dikenal ketangguhan dan kabinnya yg luas, btw disana jg banyak dipake buat taksi, itu juga karena pendahulunya Qualis (kijang super yg dikapsulkan interiornya) juga laris manis di kelas MPV.

  • nusantara nusantara

    sedep juga tuh pake innova 2.8 diesel

    • Indra

      Iya, kalau aja ga ada pajak lebih buat mesin diesel diatas 2.500 cc, TAM masukin sini jd MPV Jepang paling bertenaga se-Indonesia, tapi apa bisa konsumen sini mau beli MPV dengan tenaga 170 HP lebih dengan harga yg lebih mahal sedangkan maunya konsumen itu ingin ada fitur entertainment lebih, kenyamanan, dan makin banyak chrome? Kecuali buat SUV sekelas Fortuner dan Pajero Sport, beda lagi..

      • Putra

        Yah emang , lagian mpv bukan buat kebut2an kok.

  • farid

    Walau rentang harganya sama dgn kijang innova di indonesia,tapi di india kayanya lebih murah dibanding sini,apalagi kalau ada pilihan mesin 2700cc bensin dan 2800cc diesel tapi di range harga yg sama disini

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Itu krn pajak negara kita dibuat mahal untuk mesin diesel diatas 2500 cc
      Makanya, TAM gk mau ambil resiko, jdi jualnya cuma 2.4 L diesel sama 2.7 L bensin

      • Soni Hermawan

        Saya setuju , pajak 2.500cc saja sudah di 4-5jutaan , apalagi klo diesel 2.8 masuk .. harga mobil bisa tembus 600jt jangan2 , n bisa2 pajak diatas 5jt..

      • Johnny MacRea

        Imho ga cuman krn pajak aja gan, kalo disini Innova sisi keamanan nya lebih lengkap dibanding di india makanya harga nya beda 10 jutaan versi high trim nya. Kalo india yaa tau sendiri lahh gimana kelengkapan safetynya dibanding negara kita, masih lebih baik di sini meskipun kelengkapan kemewahan nya masih kalah banyak. Kalo disini menurut ane pihak tam coba menjual kelengkapan safety lebih lengkap meskipun cuma di high trimnya

        Ane bukan fanboy atoyot gan hehe
        Piss ✌ sekedar ngasih opini ?

  • Nakazato Kira

    TAM bisa aja pasang mesin 2TR ke innova karena mesin itu juga diproduksi ke sini, tapi ya itu dari pengalaman ketika jual Innova 2.7V jadinya yah ga dijual disini, 1TR udah cukup :v

    • Bilqis

      Disana harga bensin murah banget gan, ga mahal kaya harga bensin disini. CMIIIW

    • Indra

      Bisa aja, tapi secara performa dan konsumsi BBM si 2TR dual VVT-i gak beda jauh sama 2TR VVT-i, jd lebih baik sih angkanya tapi gak signifikan perubahannya, tapi ya karakter orang beli MPV ya cari kenyamanan bukan kencengnya, btw ada jg mesin 2TR yg versi biofuel, diproduksi disini tapi utk pasar ekspor ke Brazil dll

  • Oki Ngew

    Kalo ga salah torsi dari mesin 2.8cc nya di tone down, yg seharusnya 450nm jadi cuma 360nm aja. Sayang sekali

    • Jason Pratama

      masa torsinya kalah sama yg 2.4 kalo cuma 360nm?

      • Oki Ngew

        Iya, sama kayak torsi yg 2.4 di indonesia. Cuman yg 2.8 tenaganya 178hp

        • Jason Pratama

          bakal boros klo gitu mah

    • hawthorn

      rasanya gimanaa gitu, mesin 2.8 torsinya “cuma” 450nm, mirip2 sama mesin 2.2 punya santa fe …

  • rizki

    Disini (Kijang) Innova beda kelas ma Ertiga atau Mobilio karena ada Avanza/Xenia, gimana kalo Avanza diimpor kesana ya? mungkin bisa menggerogoti pasar Innova atau jadi seperti disini?

  • Argianto wasthu aulya

    Wah penjualannya cukup fantastis walaupun harganya sudah mahal

  • Argianto wasthu aulya

    Walaupun harganya mahal tapi top di india