DeLorean DMC-12 Bakal Diproduksi Lagi, Kembalinya Si Mesin Waktu!

by  in International&Mobil Konsep
DeLorean DMC-12 Bakal Diproduksi Lagi, Kembalinya Si Mesin Waktu!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi anda yang cukup gandrung dengan nuansa tahun 80-an pasti sudah kenal baik dengan Back To The Future, film komedi petualang yang menggusung dua tokoh utama Marty McFly dan Doc Brown. Pada film tersebut tidak hanya membuat dua tokoh utama ini menjadi terkenal, namun juga kehadiran dari mobil yang mereka gunakan yaitu DeLorean DMC-12 yang dipakai sebagai mesin waktunya.

Film ini memang berhasil membawa nama DeLorean menjadi makin dikenal oleh publik dunia pada tahun 1985, namun meski sosok mobil ini terangkat masalahnya sebelum film ini diangkat DeLorean sudah bangkrut duluan pada tahun 1983. Yup karir DeLorean tidak bisa dibilang mulus sejak produksi mulai tahun 1981 hanya bisa bertahan 3 tahun saja. Padahal bila kita melihat selling point dari mobil ini sebenarnya cukup keren seperti desain dari Giorgetto Giugiaro Italdesign, gullwing door, fiberglass monocoque dan stainless steel panel body.

delorean-dmc-12-front

Karena panel bodinya yang terbuat dari stainless steel maka bodi mobil ini sama sekali tidak dicat, ini yang membuatnya menarik. Sayangnya sebagai salah satu sportscar, mobil ini mempunyai jantung mekanis yang tergolong biasa-biasa saja, menggunakan PRV engine 2.7-liter V6 260 hp, 0-100 km/jam hanya diraih 10 detik saja. Meski begitu dengan beberapa fitur yang bisa dibilang gambaran masa depan ditambah dengan perannya di Back to The Future sebagai mesin waktu membuatnya mobil ini menjadi favorit untuk dikoleksi.

Bagi anda yang tertarik dengan mobil legendaris ini, sebuah markas penggemar DeLorean dengan nama “DeLorean Motor Company” berniat memproduksi kembali DMC-12 pada tahun 2017. Perusahaan yang tadinya adalah supplier sparepart DeLorean ini rencananya akan membuat sekitar 300 unit DeLorean DMC-12 berdasarkan sparepart yang ada. So wujud dari mobil ini tidak akan jauh berbeda dengan DeLorean yang kita kenal di tahun 80-an hanya saja akan ada upgrade piranti “kekinian” yang sifatnya hanya memudahkan mekanisme mobil ini.

delorean-dmc-12-rear

Contohnya seperti chassisnya, pada versi original yang dibuat dari besi baja dengan lapisan epoxy untuk menghindari korosi, tapi seiring termakan usia lapisan tersebut terlihat rapuh dan retak. Oleh sebab itu untuk versi terbaru ini masih menggunakan chassis New Old Stock hanya saja diberikan perlindungan elektrostatis untuk menghindari korosi dan powder coating untuk mempercantik tampilan. Selain itu DMC juga sudah meninjau mana saja vendor yang bisa memproduksi kembali beberapa elemen orisinal seperti sasis, sistem elektrikal, fender depan, mesin, pengereman, alloy wheel dan ban.

Selain itu update “kekinian” yang saya sampaikan juga termasuk pada beberapa hal lain seperti penggunaan alloy wheel berukuran 17 inchi dan 18 inchi yang rim-nya akan lebih lebar dibanding aslinya, sistem rem pun turut ditingkatkan pula. Hal yang menarik adalah mesinnya tidak menggunakan 2.8-liter V6 jebolan Peugeot-Renault-Volvo lagi melainkan menggunakan V6 Naturally Aspirated yang menghasilkan tenaga sekitar 300 hp – 400 hp, nah ini baru sportscar. Menarik untuk melihat realisasinya pada tahun 2017 nanti, so bagi anda yang kuat modalnya monggo siap-siap karena rencananya mobil ini dijual dengan harga kurang dari $100,000.

Read Prev:
Read Next:

Yudakusuma Kelihatannya saja masih muda, tapi dalam hatinya lebih senang mobil tua, atau nama bekennya Motuba yang artinya Mobil Tua Bangka. Mengawali karir menulis lewat blog wordpress yang sampai sekarang rajin ditulis ketimbang skripsinya sendiri.... | @yudakusuma_ab

  • nusantara nusantara

    kayak apa nih nanti bentuknya mobil masa depan

  • Adib Salehi Takhasomi

    Wah, ni mobil yang di video clipnya owl city-deer in the headlights. Yang ceritanya adam young nemu ni mobil, trus melintasi waktu. G tahu malah kalau aslinya dari film.
    Btw lagunya asik juga, buat nemenin di perjalanan

  • Masih kecil

    THE TIME MACHINE IS BACK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!