Suzuki Ertiga Berbahan Bakar Gas Dirilis di India, Harga 180 Jutaan!

Suzuki Ertiga Berbahan Bakar Gas Dirilis di India, Harga 180 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Maruti Suzuki India yang berperan sebagai APM Suzuki di Negeri Bollywood tersebut terus berinovasi pada produk terlaris mereka, Suzuki Ertiga. Sembari mengembangkan versi crossover-nya yang kita kenal dengan nama Suzuki XL6, pihak Maruti Suzuki ternyata juga mengembangkan sebuah varian baru dari Suzuki Ertiga yang mendapatkan tambahan bahan bakar gas. Dan varian tersebut saat ini telah diperkenalkan, yaitu Suzuki Ertiga CNG VXi, mari kita bahas.

Gambar hanya ilustrasi

Dari sisi desain, sejatinya tidak ada perbedaan berarti antara versi CNG dengan versi bensin ataupun diesel. Yang jelas membedakan mobil ini dengan varian lainnya adalah penambahan gas (CNG) sebagai tambahan bahan bakarnya. Nah, menariknya, Suzuki Ertiga CNG dibanderol dengan harga 8,88 lakh atau setara dengan 180,5 jutaan Rupiah untuk trim VXi. Selain di trim VXi, pihak Maruti juga menjual Suzuki Ertiga CNG dalam wujud Suzuki Tour M CNG, sebangsa Transmover namun versi-nya Suzuki Ertiga. Untuk Suzuki Tour M CNG dibanderol dengan harga 8,83 lakh atau setara 179 jutaan Rupiah.

Gambar hanya ilustrasi

Lho, kok harganya mirip antara versi VXi CNG dan Tour M CNG. FYI, varian VXi sendiri bukanlah varian tertinggi dari Suzuki Ertiga di India, malahan varian ini adalah varian kedua termurah diatas varian LXi, jadi kalau di Indonesia mungkin setara varian GL. Nah, pihak Maruti Suzuki menempatkan tabung gas untuk mobil ini di bawah lantai bagasi, dengan ukuran setara 60 liter air dan berat sekitar 10,86 kg. Untuk sisi efisiensi, pihak Maruti Suzuki mengklaim varian CNG ini mampu menghasilkan konsumsi sebanyak 26,3 km per kg gas.

Gambar hanya ilustrasi

Suzuki Ertiga CNG sendiri masih dipersenjatai dengan mesin yang sama dengan varian bensin, yaitu mesin K15B dengan tenaga mencapai 105 hp dan torsi 138 Nm, itu kalau menggunakan bensin. Saat mobil ini menggunakan gas, maka tenaganya bakal berkurang menjadi 92 hp, dan torsinya turun menjadi 122 Nm saja. Pihak Maruti Suzuki hanya menghadirkan Suzuki Ertiga CNG dengan opsi transmisi manual 5 percepatan saja, tidak ada varian otomatis. Bagi pengguna Suzuki Ertiga versi bensin yang berharap ada CNG Kit untuk dipasangkan di mobil mereka pun harus gigit jari, karena pihak Maruti Suzuki tidak menjualnya.

Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Suzuki Ertiga berbahan bakar Gas ini? Oiya, FYI, di Indonesia juga ada sejumlah mobil berbahan bakar gas, termasuk armada taksi Bluebird yang menggunakan unit Toyota Limo.

Sumber : AutoCarIndia

Read Prev:
Read Next: