Maruti Suzuki Mulai Produksi Ertiga Baru, Mesin Diesel Baru di 2019!!

Maruti Suzuki Mulai Produksi Ertiga Baru, Mesin Diesel Baru di 2019!!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada generasi pertamanya, Suzuki Ertiga bisa dikatakan cukup sukses mengarungi pasar otomotif, baik di Indonesia, India, maupun beberapa negara lainnya. Namun di generasi keduanya yang muncul pertama kali di Indonesia beberapa bulan lalu nampaknya pihak Suzuki bisa dikatakan kurang mendapatkan hype dari sosok All New tersebut. Mobil yang diperkenalkan di IIMS 2018 ini nampak tenggelam dalam persaingan LMPV yang terkenal kejam. Nah, itu di Indonesia, lalu bagaimana nasib All New Suzuki Ertiga di India yang notabene adalah sarang dari Suzuki? Yuk kita bahas.

Mengutip dari situs lokal GaadiWaadi, All New Suzuki Ertiga akan segera memulai petualangannya di pasar Negeri Bollywood. Hal ini ditandai dengan mulai diproduksinya All New Suzuki Ertiga di India, dimana per harinya pihak Maruti Suzuki mampu memproduksi sekitar 100 unit All New Suzuki Ertiga. Dengan perkiraan open inden yang dimulai di awal bulan depan, nampaknya pihak Maruti Suzuki ingin bersungguh – sungguh untuk menyediakan unit bagi para konsumennya. Istilahnya, jangan sampai ada inden, atau jikalau inden pun jangan sampai lama – lama. Konsep semacam ini nampaknya juga diterapkan pada All New Suzuki Ertiga di Indonesia, karena LMPV berlogo S ini memang masuk dalam anti inden inden klub, agak sedikit berbeda dengan pesaingnya dari merk sebelah yang antrian indennya masih ada di angka 1 – 2 bulan.

Nah, di India sendiri All New Suzuki Ertiga akan diluncurkan pada tanggal 21 November 2018 mendatang, dan akan resmi menjadi penantang baru bagi Toyota Innova, Renault Lodgy, dan Mahindra Marazzo. Lalu, apakah ada perbedaan spesifikasi antara All New Suzuki Ertiga versi Indonesia dan India? Sejauh ini memang belum ada bocoran terkait fitur yang akan diusung oleh All New Suzuki Ertiga di India, namun untuk urusan mesin bisa dipastikan ada kemiripan antara produk ini di antara kedua negara. Bedanya, untuk varian mesin bensin 1.500cc K15 yang digunakan oleh All New Suzuki Ertiga versi India akan mengusung tambahan teknologi mild hybrid Suzuki yang kita kenal dengan nama SHVS. Yap, bukan versi dieselnya, melainkan versi bensinnya yang akan menggunakan sistem SHVS.

Untuk transmisinya sendiri juga dipastikan sama persis, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Sedangkan varian mesin diesel yang hadir di versi lawas pun juga dipastikan akan hadir di India bersamaan dengan versi bensinnya. Sayang beribu sayang pihak Maruti nampaknya menunda penggunaan mesin diesel 1.500cc hasil pengembangan mereka sendiri. Alih – alih menggunakan mesin buatan mereka sendiri, pihak Maruti Suzuki kembali menanamkan mesin diesel Fiat 1.300cc D13A yang bertenaga 88hp dan bertorsi 200 Nm seperti yang kita kenal sebelumnya. Mesin ini akan dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Lalu bagaimana dengan versi mesin diesel di Indonesia?? Kok nggak ada? Sabar. Jadi, pihak Suzuki menyiapkan mesin 1.500cc Diesel baru mereka yang akan dipasangkan dengan transmisi 6 percepatan di 2019, bisa jadi pihak SIS menanti penggunaan mesin baru tersebut alih – alih memaksakan mesin lawas yang hanya dipakai sementara saja.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian masih tertarik dengan sosok All New Suzuki Ertiga? Basically mobil ini refine dalam hal pengendalian, mesin, dan ruang. Namun memang kalian harus menerima bahwa ada beberapa bagian yang di downgrade. Yuk sampaikan opinimu.

Read Prev:
Read Next: